Wednesday Jul 24, 2024 12:23
Featured

Sering Mengantuk? Waspada Gejala Hipersomnia

Sering Mengantuk? Waspada Gejala Hipersomnia

MATA LELAKI - Merasa mengantuk di siang hari adalah hal yang wajar, apalagi jika waktu tidur di malam hari tidak ideal. Namun pernahkah kalian merasa ngantuk di siang hari padahal malam sebelumnya merasa sudah tidur yang cukup? Kondisi ini bisa saja mengindikasikan jika kalian mengalami Hipersomnia.

Hipersomnia adalah suatu kondisi ketika seseorang merasa sangat mengantuk di siang hari meskipun waktu tidurnya di malam hari sudah cukup. Gangguan tidur ini memengaruhi produktivitas, interaksi dan kualitas hidup pengidapnya. Seseorang dengan hipersomnia akan tertidur beberapa kali saat siang hari.

Sering Mengantuk? Waspada Gejala HipersomniaSource: pexels.com

Hipersomnia terbagi menjadi dua jenis, yaitu hipersomnia prime dan hipersomnia sekunder. Hipersomnia primer adalah kondisi hipersomnia yang tidak terjadi karena kondisi atau gejala dari kondisi medis lain. Tidak diketahui apa penyebab pasti dari hipersomnia primer. Namun, kondisi ini diduga berkaitan dengan neurotransmitter atau senyawa kimia di dalam otak dan cairan serebrospinal.

Sedangkan hipersomnia sekunder adalah rasa kantuk berlebih yang muncul sebagai gejala dari kondisi medis tertentu, seperti efek samping obat-obatan, kecanduan alkohol, dan gangguan kesehatan mental.

Sering Mengantuk? Waspada Gejala HipersomniaSource: pexels.com

Gejala Hipersomnia

Adapun beberapa gejala hipersomnia yang terjadi antara lain sebagai berikut.

  • Rasa kantuk yang teramat sangat dan berulang di siang hari
  • Merasa cemas dan mudah marah
  • Merasa gelisah
  • Pusing dan sakit kepala
  • Berkurangnya nafsu makan
  • Kesulitan untuk berkonsentrasi
  • Kesulitan untuk berpikir dan mengingat

Sering Mengantuk? Waspada Gejala HipersomniaSource: pexels.com

Cara Mengatasi

Pengobatan hipersomnia didasarkan pada kondisi yang menjadi penyebabnya. Namun, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi hipersomnia, yaitu:

    • Mengonsumsi obat-obatan tertentu sesuai rekomendasi dokter yang dapat membantu seorang yang mengalami hipersomnia agar bisa lebih mudah tidur.
    • Melakukan terapi untuk membantu mengurangi kecemasan karena tidak bisa tertidur.
    • Mengubah pola tidur dengan cara tidur dan bangun pada waktu yang sama di setiap harinya.

    Jika kalian mengalami hipersomnia segera melakukan perawatan dengan dokter terkait. Hipersomnia yang tidak tertangani dapat mengganggu kehidupan sehari-hari dan menyebabkan penurunan kualitas hidup penderitanya.

    You may also like

    Leave a comment