Tuesday Apr 16, 2024 07:38
Featured

Muay Thai, Bela Diri Penuh Manfaat

Muay Thai, Bela Diri Penuh Manfaat

MATA LELAKI - Tinju Thai atau yang biasa dikenal dengan sebutan Muay Thai adalah sebuah olahraga bela diri dari kerajaan Thailand. Olahraga ini memiliki teknik serangan gabungan dengan meninju, menendang, menyikut, menyerang dengan lutut, dan teknik kuncian di bagian tertentu.

Jika dilihat dengan sekilas, Muay Thai memiliki teknik dasar yang mirip dengan tinju, bedanya Muay Thai diperbolehkan menggunakan kaki untuk menahan maupun menyerang lawan. Melakukan olahraga ini secara rutin mampu meningkatkan kecepatan, kelincahan, kekuatan, dan daya tahan sistem kardiovaskuler. Selain itu terdapat pula berbagai manfaat lainnya, antara lain sebagai berikut.

Muay Thai, Bela Diri Penuh ManfaatSource: onefc.com

1. Menyehatkan Jantung

Olahraga seperti Muay Thai dapat melancarkan aliran darah dan merangsang tubuh untuk memompa darah lebih banyak ke seluruh tubuh. Sebuah studi dalam International Journal of Performance Analysis in Sport menunjukkan petarung Muay Thai rata-rata memiliki detak jantung 178,9 bpm. Hal ini membuat Muay Thai menjadi sebagai salah satu olahraga yang baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

2. Memperkuat Otot-otot

Gerakan-gerakan dalam Muay Thai mampu meningkatkan kekuatan otot-otot pada tubuh terlebih lagi otot bagian bawah, karena gerakan utama pada olahraga ini yaitu menggunakan kaki, seperti roundhouse kick yang merupakan menendang dengan gerakan kaki berputar setengah lingkaran dengan kaki bagian depan.

Muay Thai, Bela Diri Penuh ManfaatSource: onefc.com

3. Menjaga Kesehatan Mental

Muay Thai juga dapat merangsang produksi hormon endorfin yang dapat memperbaiki suasana hati dan bahkan meredakan nyeri, stres, serta rasa cemas. Hal itu diperoleh karena gerakan memukul dan menendang dalam olahraga tersebut. Selain itu Muay Thai juga dapat dijadikan sebagai medium untuk berkumpul dan bersosialisasi antar teman atau pun pelatih, sehingga kalian tidak merasa kesepian.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Kondisi tubuh yang sudah lelah akibat berolahraga membuat seseorang menjadi lebih rileks dan mudah mengantuk. Hal tersebut dapat membantu kalian untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, terlebih jika kalian mengalami insomnia atau gangguan tidur.

Muay Thai, Bela Diri Penuh ManfaatSource: onefc.com

Muay Thai memang memiliki beberapa manfaat baik untuk tubuh. Tetapi perlu kalian ketahui bahwa olahraga yang satu ini termasuk dalam katagori olahraga keras yang dapat menimbulkan risiko cidera yang tinggi, karena itu lakukanlah olahraga ini dengan hati-hati.

You may also like

Leave a comment