Tuesday Apr 30, 2024 20:32
Featured

Uniknya Danau Leitisvatn yang 'Melayang' di Laut

Uniknya Danau Leitisvatn yang 'Melayang' di Laut

MATA LELAKI - Danau Leitisvatn merupakan sebuah danau unik yang terlihat seperti melayang di atas gunung. Danau ini terletak di daerah Eropa Utara, Kepulauan Faroe, tepatnya di Vagar. Danau Leitisvatn ini menjadi salah satu tempat yang menjadi sasaran para wisatawan yang berkunjung langsung ke Kepulauan Faroe.

Uniknya Danau Leitisvatn yang 'Melayang' di LautSource: lakehub.com

Danau Leitisvatn juga memiliki nama lain yaitu Sorvagsvatn yang artinya danau di dekat Sorvagur. Memiliki luas 3,6 kilometer persegi, danau Leitisvatn ini menjadi danau terbesar yang ada di Kepulauan Faroe. Posisi danau tersebut sangat dekat dengan laut dan berada di ketinggian 30 m di atas permukaan laut, sehingga tercipta ilusi optik yang membuat danau ini seperti melayang di atas laut.

Selain itu juga terdapat air terjun yang tidak umum di pinggiran danau yang membuat danaunya tampak seperti tumpah ke lautan, berbeda dengan air terjun pada umumnya. Tumpahan air dari danau Leitisvatn justru makin membuatnya lebih indah. Danau Leitisvatn dikelilingi tebing dan salah muaranya ke Samudra Atlantik melalui air terjun Bosdalafossur setinggi 30 meter.

Uniknya Danau Leitisvatn yang 'Melayang' di LautSource : guidetofaroeislands.fo

Menurut sejarah, danau Laitisvatn ini sudah ditemukan sejak Perang Dunia II. Salah satu yang menjadi catatan sejarah dari Danau Leitisvatn Kepulauan Faroe adalah pertikaian 3 desa di sekitarnya. Terdapat sebuah pemukiman kecil di sekitaran danau yang dihuni manusia dan menjadi penduduk di 3 desa. Ketiga desa tersebut bernama Desa Sorvagur, Desa Miovagur, dan Desa Sandavagur.

Pada zaman dahulu kala, desa-desa tersebut pernah berselisih terkait nama Danau Leitisvatn, Kepulauan Faroe. Penduduk Desa Sorvagur lebih menyukai nama Sorvagsvatn untuk Danau Leitisvatn yang berarti danau di tepi Sorvagur. Penduduk Sorvagur juga menganggap Desa Sorvagur adalah desa yang dihuni lebih awal di kawasan tersebut. Sedangkan, penduduk Desa Miovagur dan Sandavagur menyebut danau tersebut dengan Leitisvatn yang berarti danau di tepi Leiti.

Uniknya Danau Leitisvatn yang 'Melayang' di LautSource: mybestplace.com

Setelah berselisih dan sempat menimbulkan pertikaian, ketiga desa tersebut memilih untuk mengakhiri pertikaian dan sepakat untuk memberi nama Vatnio untuk perairan tawar Kepulauan Faroe itu. Namun perdebatan kecil masih sering terjadi ketika para wisatawan berkunjung. Beberapa penduduk di setiap desa masih memberitahu nama danau tersebut dengan sebutan dari desa masing-masing.

Itulah cerita singkat di balik keindahan Danau Leitisvatn. Bagi kalian yang mengunjungi Kepulauan Faroe, jangan lupa mampir ke danau Leitisvatn untuk melihat keindahannya secara langsung.

You may also like

Leave a comment