Thursday May 02, 2024 06:04
Featured

Sering Tersentak Saat Tidur? Ternyata Ini Alasannya!

Sering Tersentak Saat Tidur? Ternyata Ini Alasannya!

MATA LELAKI - Pernahkah kalian terbangun karena tersentak atau kaget saat ingin terlelap? Jika pernah, berarti kalian sedang mengalami hypnic jerk atau sleep starts, di mana tubuh mengalami kedutan tiba-tiba atau sensasi jatuh dari ketinggian saat tidur. Hypnic jerk merupakan kedutan otot di bawah sadar yang terkadang sentakannya dapat terjadi secara intens dan berulang kali.

Para penderita tersebut biasanya mengalami rasa takut untuk melanjutkan tidur sehingga menyebabkan kecemasan dan kekhawatiran. Tidak hanya itu, sentakan yang terjadi berulang akan menyebabkan durasi tidur yang berkurang. Jika terjadi terus-menerus, para penderita juga akan mengalami insomnia kronis.

Sering Tersentak Saat Tidur? Ternyata Ini Alasannya!Source: pexels.com

Lantas apa penyebab hal ini terjadi? Sampai saat ini, belum ada yang bisa memastikan apa penyebab tersentak saat tidur terjadi. Namun terdapat beberapa alasan di balik hypnic jerk atau sentakan saat hendak tidur.

1. Kafein dan Nikotin

Mengonsumsi kafein dan nikotin berlebihan dapat membuat seseorang sulit untuk tertidur. Hal tersebut membuat otak seseorang yang mengonsumsi kafein atau nikotin secara berlebihan menjadi lebih waspada akan setiap suara atau gerakan sehingga membuat tidur menjadi tidak nyenyak dan dapat mengalami hypnic jerk.

Sering Tersentak Saat Tidur? Ternyata Ini Alasannya!Source: pexels.com

2. Olahraga Malam Hari

Umumnya, olahraga secara teratur tentu saja dapat meningkatkan kualitas tidur. Tapi jika dilakukan secara intens tepat sebelum tidur justru dapat mempersulit tubuh untuk rileks dan bertransisi dengan mulus menuju tahap tidur.

3. Stres dan Cemas

Seseorang yang stres dan mengalami kecemasan kronis dapat mempengaruhi waktu tidur yang baik. Perasaan takut dan khawatir yang terus menghantui dapat mengacaukan kemampuan untuk tertidur lelap.

Sering Tersentak Saat Tidur? Ternyata Ini Alasannya!Source: pexels.com

Meskipun belum ada pengobatan khusus untuk masalah yang satu ini, tapi kalian bisa mencegahnya dengan mengatur pola hidup sehat agar mendapatkan rutinitas tidur yang baik. Kalian juga dapat menghindari olahraga atau minum kafein yang berdekatan dengan waktu tidur.

Itulah beberapa alasan mengenai masalah sering tersentak dan kaget pada saat tidur. Semoga informasi di atas dapat membantu masalah tidur yang kalian alami.

You may also like

Leave a comment