Monday May 20, 2024 21:56
Featured

Waspada Efek Samping Pembuatan Tato

Waspada Efek Samping Pembuatan Tato

MATA LELAKI - Apakah kalian salah satu orang yang memiliki tato? Tato adalah salah satu seni menggambar pada tubuh menggunakan tinta dan jarum khusus. Bagi sebagian orang, tato dianggap keren dan indah. Meski demikian, membuat tato pada tubuh ternyata memiliki efek samping. Apa saja? Berikut ini adalah beberapa efek samping dalam pembuatan tato.

1. Infeksi Bakteri Pada Tubuh

Waspada Efek Samping Pembuatan TatoSource: popbela.com

Efek samping pembuatan tato adalah bisa terkena infeksi bakteri, seperti tetanus atau tuberkulosis. Penyakit tetanus merupakan penyakit infeksi pada bagian sistem saraf pusat yang diakibatkan oleh bakteri tetanus bacillus. Jika ini terjadi pada kalian, kulit akan mengalami pembengkakan yang tidak biasanya. Lebih baik segera konsultasi dengan dokter agar tidak menjadi lebih parah.

2. Infeksi Jamur

Waspada Efek Samping Pembuatan TatoSource: grid.id 

Infeksi jamur biasanya disebabkan oleh penggunaan alat tato yang tidak steril seperti jarum bahkan tinta tato, apalagi jika dipakai berulang kali. Efek infeksi jamur ini bisa membuat kulit kalian terlihat kusam dan tidak sehat. Jika sudah terjadi seperti ini maka kalian bisa coba oleskan salep ke kulit yang terkena infeksi, tentunya sesuai dengan resep atau anjuran dokter.

3. Hepatitis B dan C

Waspada Efek Samping Pembuatan TatoSource: tangselpos.id

Jika kalian ingin mentato tubuh kalian, sebaiknya kalian memilih artis tato yang sudah profesional dalam bidang tato tersebut. Hal ini untuk menghindari tubuh kalian dari penyakit hepatitis. Penyakit ini dapat menular ke orang melalui kontak dengan darah yang terinfeksi, salah satunya dengan jarum yang digunakan secara bergantian. Di Amerika Serikat terdapat sekitar 18 ribu pengidap baru Hepatitis C setiap tahunnya, terutama di kalangan pengguna narkoba suntik, tato, dan tindik.

4. Keloid

Waspada Efek Samping Pembuatan TatoSource: wikipedia.com

Proses penyembuhan tato biasanya ditandai dengan luka kering, pegelupasan kulit, hinga membengkak. Tapi tidak dengan Keloid, hal ini disebabkan oleh pertumbuhan yang berlebihan pada jaringan parut saat kulit ditato. Keloid mungkin memang tak berbahaya, tapi bisa mengurangi estetika tubuh kalian, terutama di lokasi tubuh yang mudah terlihat orang lain.

Setelah mengetahui efek samping membuat tato di atas, apakah kalian masih ingin membuat tato di tubuh kalian?

You may also like

Leave a comment