Friday May 03, 2024 23:13
Featured

Asupan Protein untuk Vegetarian

Asupan Protein untuk Vegetarian

MATA LELAKI - Bagi kalian yang suka berolahraga dan ingin menaikkan massa otot, tentu saja protein menjadi asupan yang penting. Sumber protein yang umumnya diketahui orang banyak berasal dari daging, ayam, telur, atau ikan. Namun bagaimana cara mendapatkan asupan protein untuk seorang vegetarian? 

Vegetarian adalah gaya hidup yang menerapkan pola makan dengan tidak mengonsumsi makanan yang berasal dari hewan, seperti daging sapi, daging ayam, ikan, dan lain sebagainya. Biasanya seorang vegetarian lebih memilih menu makan dari sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan juga biji-bijian. Apakah bisa mendapatkan protein tanpa memakan daging-dagingan?

Protein bisa peroleh dari dua sumber, sumber hewani dan nabati. Jadi tidak perlu bingung, karena kebutuhan protein untuk seorang vegetarian masih bisa terpenuhi tanpa memakan hewani. Berikut adalah beberapa sumber protein nabati yang bisa kalian konsumsi.

Asupan Protein untuk VegetarianSource: pexels.com

1. Quinoa

Quinoa merupakan salah satu jenis biji-bijian yang jarang diketahui. Berasal dari tanaman Chenopodium quinoa, biji-bijian ini bisa menjadi sumber protein kalian. Selain itu, Quinoa juga baik untuk pertumbuhan dan perbaikan sel-sel serta mengandung lemak tak jenuh dan serat yang baik untuk kesehatan jantung.

2. Kacang Polong

Sumber protein berikutnya adalah kacang polong. Kacang polong biasanya ditambahkan ke menu makanan seperti nasi goreng atau menu makanan lainnya. Tidak hanya protein, tetapi kacang polong juga mengandung serat dan kaya akan vitamin, beberapa di antaranya seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, beberapa vitamin B, asam folat, mangan, zat besi, magnesium, fosfor, seng, dan tembaga.

3. Selai Kacang

Selai kacang memiliki rasa yang nikmat, apalagi jika dikonsumsi dengan roti. Walaupun selai kacang mengandung protein dan juga lemak sehat, namun kalori pada selai kacang tersebut terbilang cukup tinggi. Disarankan untuk tidak terlalu sering mengonsumsi selai kacang untuk menghindari kalori tambahan.

Asupan Protein untuk VegetarianSource: pexels.com

4. Kacang Kedelai

Sumber protein untuk vegetarian berikutnya adalah kacang kedelai. Kalian bisa mendapatkan protein hingga 18 gram hanya dengan setengah gelas kacang kedelai. Sumber protein yang satu ini juga banyak diolah menjadi makan lain seperti seperti tempe, tahu, dan susu kedelai. Sedangkan dalam satu gelas atau sekitar 240 ml susu kedelai, terdapat kandungan protein sebesar 4-8 gram.

5. Tahu dan Tempe

Siapa yang tidak tahu makanan tradisional Indonesia yang satu ini? Tempe terbuat dari kacang kedelai yang kemudian difermentasi. Harganya yang murah dan menghasilkan banyak zat gizi membuat tempe menjadi salah satu sumber protein yang baik bagi kalian.

'Di mana ada tahu, di situ ada tempe', sama seperti tempe yang terbuat dari kacang kedelai, tahu juga salah satu menu makanan mengandung protein yang populer di Indonesia. Tahu dan tempe menjadi makanan sehari-hari bagi masyarakat Indonesia.

Asupan Protein untuk VegetarianSource: pexels.com

6. Oat
Selain dikenal dengan kandungannya yang banyak serat, oat juga memiliki protein. Tidak hanya itu oat juga menjadi sumber yang baik untuk magnesium, seng, fosfor, dan folat.

7. Bayam

Selain rasanya yang nikmat, sayur bayam juga dapat memberikan protein bagi kalian. Bayam matang sebesar 100 gram dapat menghasilkan protein sebesar 5 gram. Tidak hanya bayam, sayuran lain seperti brokoli, asparagus, artichoke, kentang, ubi, dan kol Brussel juga mengandung protein.

Itulah makanan mengandung protein yang bisa kalian konsumsi untuk menggantikan protein dari makanan hewani jika kalian adalah seorang vegetarian. Mana yang jadi sumber protein favorit kalian?

You may also like

Leave a comment