Wednesday Apr 24, 2024 03:02
Featured

Atur Keuangan Sulit? Begini Caranya

Atur Keuangan Sulit? Begini Caranya

MATA LELAKI - Siapa sih yang tidak ingin membeli pakaian, elektronik, hingga alat transportasi pribadi? Semua orang pasti memiliki selera yang berbeda-beda, bahkan sampai menabung pun terlupakan karena ingin memiliki barang-barang baru yang ingin dibeli tersebut.

Mengatur keuangan sebenarnya tidaklah begitu sesulit seperti yang dibayangkan, hal ini terlihat sulit karena tidak adanya kemauan di dalam diri yang cukup untuk membatasi pengeluaran bulanan. Berikut ini adalah tips bagaimana caranya menggunakan uang dengan bijak sehingga finansial bisa tetap terjaga.

1. Menabung dan investasi

Atur Keuangan Sulit? Begini Caranya
Source: okezone.com

Dari pada menghamburkan uang untuk yang tidak penting, ada baiknya kalian tabung uang yang ada dan melakukan inventasi. Era modern seperti sekarang ini, menabung dan inventasi menjadi poin yang sangat penting. Menabung sudah pasti tujuannya untuk memenuhi kebutuhan di masa yang akan datang, sedangkan inventasi berguna mempertahankan nilai aset yang dimiliki dari nilai inflasi.

Cara menabung uang, apalagi zaman sekarang, sudah semakin mudah. Banyak bermunculan aplikasi perbankan digital yang memiliki banyak fitur, sehingga membuat kita semangat dan terpacu untuk menabung uang lebih banyak lagi.

2. Membuatkan rekening secara terpisah

Atur Keuangan Sulit? Begini Caranya
Source: flip.id

Apabila kalian mempunyai 1 rekening untuk menabung dan belanja, sebaiknya kalian membuat 2 rekening agar mudah untuk mengatur pemasukan dan pengeluaran.

Dengan cara seperti itu, kalian bisa membagi fokus pengeluaran untuk tiap-tiap rekening ini. Satu rekening bisa kalian gunakan untuk melakukan pembayaran atau pembelian, sedangkan rekening satunya lagi diperuntukkan bagi tabungan atau dana darurat.

3.Menabung di awal bulan

Atur Keuangan Sulit? Begini Caranya
Source: mutaeasy.com

Jika sudah menerima gaji bulanan, sebaiknya biasakan untuk menyisihkan uang kalian di awal gaji, hal yang satu ini sangatlah penting. Kebanyakan di antara kita pasti akan melakukan hal yang sama seperti ingin membeli kebutuhan yang tidak terlalu penting. Cobalah membiasakan dari sekarang untuk menyisihkan, berapa pun jumlah nominalnya. Jadi tidak ada alasan lagi untuk kalian tidak menabung di awal bulan.

4. Melakukan gaya hidup minimalis

Atur Keuangan Sulit? Begini Caranya
Source: rakyat.com

Yang terakhir ini bisa dibilang yang paling penting. Hidup minimalis bukanlah hidup yang pas-pasan, tapi cobalah untuk menyesuaikan gaya hidup dengan porsi-porsinya. Karena kita semua tahu bahwa di zaman modern seperti ini gaya hidup lebih mahal daripada biaya untuk bertahan hidup. Jadi gunakan uang kalian untuk membeli kebutuhan hidup yang benar-benar dibutuhkan.

Itulah beberapa tips cara menggunakan uang dengan bijak. Sudahkah kalian melakukan semuanya?

You may also like

Leave a comment