Tuesday Apr 23, 2024 15:20
Featured

Sake, Minuman Alkohol Tradisional Jepang

Sake, Minuman Alkohol Tradisional Jepang

MATA LELAKI - Sake atau biasa disebut Japanese rice wine adalah minuman beralkohol seperti anggur, yang difermentasi dari beras dan berasal dari Jepang. Pada zaman dulu, orang-orang membuat minuman alkohol untuk menikmatinya sebagai bagian dari budaya mereka, seperti festival dan ritual agama yang juga sering menghadirkan minuman yang satu ini. Sake menjadi minuman tradisional Jepang yang memiliki sejarah sekitar 2.000 tahun.

Sake, Minuman Alkohol Tradisional JepangSumber: pexels.com

Sake Jepang dibuat menggunakan tiga bahan dasar, yaitu beras, air dan Koji. Beras yang satu ini juga bukan beras biasa yang dijual di pasaran dan yang sering kita lihat. Beras khusus ini dikenal sebagai Shimpaku atau beras sake yang memiliki kualitas tinggi. Air yang digunakan juga harus air yang murni karena akan sangat berpengaruh ke pertumbuhan jamur koji selama fermentasi.

Yang unik dari sake adalah minuman ini bisa dinikmati dalam berbagai keadaan, yaitu hangat (atsukan), pada suhu kamar (jo-on) atau dingin (reishu). Banyak cara untuk menyajikan sake, secara tradisional, sake dituang dari botol keramik atau disebut tokkuri. Bisa juga dengan menggunakan masu atau kotak cedar yang biasa digunakan untuk mengukur nasi. Sedangkan pada saat upacara atau acara penting, penyajiannya akan dituangkan menggunakan piring kecil atau biasa disebut sakazuki.

Sake, Minuman Alkohol Tradisional JepangSumber: pixabay.com

Sake memiliki rasa yang mirip dengan minuman anggur dan aroma yang mirip dengan tape beras. Rasanya yang lembut dan sedikit manis membuat minuman ini cocok untuk dikonsumsi saat bersantai. Kadar alkohol pada sake terbilang rendah, yaitu sekitar 15-20% saja, dan tak jarang sake dijadikan sebagai bahan mixer atau koktail.

Tidak hanya di Jepang, ternyata Tiongkok dan Korea Selatan juga memproduksi sake dengan jenis koji yang berbeda sehingga mempengaruhi hasil akhirnya.

Sake sendiri memiliki beberapa manfaat bagi tubuh, antara lain adalah memperlancar peredaran darah, membantu memperkuat tubuh, menghilangkan stres, menghangatkan tubuh dan mampu mengatasi kesulitan tidur.

Sake, Minuman Alkohol Tradisional JepangSumber: pixabay.com

Beberapa merek sake yang populer adalah sebagai berikut:

- Juyondai, merupakan sake dengan harga yang terbilang mahal, sehingga menjadi salah satu alasan wajib untuk mencobanya.

- Dassai, pembuat beberapa sake terbaik dengan harga yang mahal tetapi juga memiliki opsi yang lebih terjangkau.

- Komatsuru Tokusei Gold, merupakan sake dengan botol yang identik keemasan dengan harga terjangkau, serta mendapatkan beberapa penghargaan karena rasanya.

- Gekkeikan, dengan pengalaman produksi hampir 400 tahun lamanya, membuat merek yang satu ini menjadi yang tertua di Jepang dan dikenal karena rasanya yang kering.

You may also like

Leave a comment