Tuesday Apr 23, 2024 14:32
Featured

Angkat Beban, Olahraga Berisiko Sekaligus Bermanfaat

Angkat Beban, Olahraga Berisiko Sekaligus Bermanfaat

MATA LELAKI - Olahraga angkat beban adalah sebuah latihan yang dilakukan untuk mengencangkan, membesarkan, dan membentuk otot. Walaupun beberapa orang beranggapan kalau latihan beban memiliki risiko yang besar, tetapi jika dilakukan dengan benar olahraga ini memiliki banyak manfaat.

Angkat Beban, Olahraga Berisiko Sekaligus BermanfaatSource: pexels.com

Seperti namanya angkat beban adalah olahraga yang melibatkan penggunaan beban, baik itu beban tubuh atau alat bantu. Olahraga ini fokus untuk melatih otot-otot pada tubuh seperti lengan, otot dada, bahu, punggung, kaki, paha, betis, dan bokong. Angkat beban juga sangat baik untuk meningkatkan kepadatan tulang dan metabolisme.

Selain itu angkat beban juga memiliki beberapa manfaat lain seperti:

  • Membantu menurunkan berat badan, karena latihan beban membakar banyak kalori.
  • Memperkuat tulang dan jaringan ikat (tendon dan ligamen).
  • Mengurangi nyeri pada bagian punggung bawah.
  • Meningkatkan keseimbangan tubuh.
  • Memperbaiki postur.

Angkat Beban, Olahraga Berisiko Sekaligus BermanfaatSource: pexels.com

Sebelum latihan beban ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, antara lain sebagai berikut.

Pemanasan
Lakukan selama 5 menit sebelum memulai angkat beban, agar meningkatkan aliran darah ke otot dan mengurangi risiko cedera.

Mulai dari yang paling ringan

Cobalah untuk menggunakan beban yang ringan dahulu. Kemudian lakukan 2 - 3 set yang setiap setnya terdiri dari 15 repetisi dengan jeda istirahat 1 menit setiap setnya. Kalau sudah terbiasa dengan beban awal, kalian bisa melakukan peningkatan beban secara bertahap.

Angkat Beban, Olahraga Berisiko Sekaligus BermanfaatSource: pexels.com

Lakukan secara perlahan

Fokus pada gerakan dan tetap menjaga tempo agar otot yang dilatih lebih efektif. Kalau cara ini membuat badan kalian mengayun, ada kemungkinan bahwa beban yang diangkat terlalu berat.

Pendinginan
Pendinginan sama pentingnya dengan pemanasan, yang membantu meningkatkan kelenturan, meredakan ketegangan otot, dan mengurangi risiko terjadinya cedera.

Itulah beberapa tips untuk melakukan angkat beban. Cara-cara tersebut bisa kalian lakukan di rumah dengan menggunakan dumbbell dan Barbell. Kalau kalian belum memiliki alat tersebut, kalian bisa memanfaatkan benda-benda yang ada di rumah seperti tas yang diisi beban, botol yang diisi pasir atau air, bahkan beban tubuh kalian sendiri.

You may also like

Leave a comment