Tuesday Apr 23, 2024 15:53
Featured

Teknik Drift yang Berawal dari Ketidaksengajaan

Teknik Drift yang Berawal dari Ketidaksengajaan

MATA LELAKI - Jika kalian pernah menonton film Fast & Furious, mungkin kalian tidak asing lagi dengan salah satu teknik mengemudi yang bernama Drift. Pernahkah kalian terpikir, dari mana asalnya teknik yang kelihatannya keren ini?

Teknik Drift ternyata berasal dari Jepang, yang ditemukan sekitar tahun 1970-an secara tidak sengaja oleh Kunimitsu Takahashi, seorang pembalap mobil sirkuit. Pada saat itu Takahashi mengikuti perlombaan balap mobil, tapi sayang mobil yang dikendarainya mengalami 'sliding' yang membuat mobilnya tergelincir di aspal. Tetapi Takahashi belum menyerah, dia tetap menginjak gas dan memasuki tikungan. Alhasil, teknik yang tidak disengaja membuat waktu lap yang ia peroleh malah jadi lebih cepat.

Teknik Drift yang Berawal dari KetidaksengajaanSumber: japanesenostalgiccar.com

Seiring dengan berjalannya waktu Takahashi terus mengasah teknik Drift ini, dan selalu menggunakannya saat ikut dalam ajang balapan. Tak sedikit pembalap muda Jepang yang ikut mencoba teknik yang satu ini, salah satunya adalah Keiichi Tsuchiya yang melakukan teknik drift di jalanan pegunungan. Hal ini membuat drift semakin populer di Jepang, sampai dibuatkan manga, komik, dan anime bertema balapan mobil, yaitu Initial D.

Teknik Drift yang Berawal dari KetidaksengajaanSource: pexels.com

Melakukan drifting memerlukan ketangkasan pengereman, gas, dan juga pengemudi setir. Teknik Drift dilakukan dengan memacu mobil dengan kecepatan tinggi kemudian membelokkan setir tanpa mengurangi kecepatan, yang akan membuat kedua ban belakang slip dengan alur yang lebih besar daripada ban depan. 

Teknik Drift yang Berawal dari KetidaksengajaanSource: racing.by

Teknik drift yang sempurna harus dilakukan dengan cara yang benar, karena jika tekniknya salah sangat memungkinkan untuk terjadinya kecelakaan. Bagi kalian yang ingin mencoba teknik drift sangat disarankan untuk melakukannya di tempat yang jauh dari keramaian dan didampingi oleh orang yang lebih berpengalaman.

Selain itu cek juga kondisi mobil kalian, apakah sudah siap untuk diajak mengepot di aspal. Drift memang menjadi hobi yang mengasyikkan sekaligus berbahaya, maka dari itu utamakan keselamatan saat berkendara.

Di Indonesia sendiri drift sudah dilegalkan oleh pemerintah, bahkan beberapa komunitas otomotif sering mengadakan kompetisi drift. Tetapi masih saja ada para pengemudi nakal yang melakukannya di parkiran maupun jalanan umum.

Apakah kalian mau mencoba hobi yang satu ini?

You may also like

Leave a comment