Tuesday Apr 23, 2024 14:55
Featured

Musik, Sarana Hiburan Abad Pertengahan

Musik, Sarana Hiburan Abad Pertengahan

MATA LELAKI - Apakah kalian merupakan penikmat musik? Tak hanya sebagai seni, musik juga hadir sebagai media untuk mengekspresikan diri. Ternyata musik yang menemani hari-hari kita mempunyai sejarah dan perkembangan yang panjang. Hal ini bisa kita lihat dari banyaknya jenis atau genre dari musik sebuah musik.

Musik, Sarana Hiburan Abad PertengahanSource: pexels.com

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), musik adalah ilmu atau seni menyusun nada atau suara dalam urutan, kombinasi, dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi (suara) yang mempunyai kesatuan dan kesinambungan. Nada dan irama yang disusun hingga kemudian menghasilkan keharmonisan yang mendorong pendengarnya untuk merasakan 'sesuatu', baik itu rasa sedih maupun bahagia.

Musik, Sarana Hiburan Abad PertengahanSource: musicandlanguagecenter.com

Pada zaman dahulu kala, musik digunakan untuk mengiringi upacara-upacara adat. Kemudian perubahan terjadi sejak abad pertengahan (476M - 1572M), dimana keadaan dunia yang semakin meningkat membuat musik tidak hanya digunakan untuk keperluan keagamaan tetapi juga untuk urusan duniawi sebagai sarana hiburan.

Meningkatnya kepopuleran musik, menimbulkan beberapa perspektif yang berbeda dari beberapa ilmuwan. Hal ini tentu saja didasari oleh pengalaman seni musik mereka rasakan.

Musik, Sarana Hiburan Abad PertengahanSource : brainscape.com

Aristoteles

Menurut Aristoteles yang merupakan seorang filsuf asal Yunani, menyebutkan bahwa musik adalah suatu karya dengan kemampuan dan tenaga pengembangan yang berasal dari sebuah rasa melalui deretan nada atau melodi yang memiliki warna dari penciptanya.

Sylado

Pengertian seni musik menurut Sylado adalah musik sebagai suatu wujud yang hidup dari berbagai kumpulan ilusi dan alunan suara dan mampu menggerakkan isi hati sang penikmatnya.

Lexicographer

Menurut Lexicographer seni musik adalah sebuah bidang keilmuan seni yang memadukan unsur ritmis dan beberapa vokal, nada, dan instrumental yang melibatkan melodi dan harmoni untuk mengungkapkan sesuatu dari sang pencipta seni yang bersifat emosional.

Itulah sekilas tentang sejarah seni musik. Sudahkah kalian mendengarkan musik hari ini?

You may also like

Leave a comment