Tuesday Apr 23, 2024 15:28
Featured

Mengenal Zippo, Pemantik Legendaris

Mengenal Zippo, Pemantik Legendaris

MATA LELAKI - Bagi seorang perokok, pemantik atau korek menjadi alat yang sangat penting. Ada berbagai macam bentuk dan jenisnya. Salah satu brand pemantik yang bisa dibilang cukup legendaris adalah Zippo. Faktanya, bukan hanya perokok saja yang memiliki pemantik ini, banyak juga non perokok yang punya pemantik Zippo, terutama kolektor yang memang sengaja mengoleksi pemantik satu ini. Lalu, seperti apa sebenarnya sejarah dari Zippo ini?

Mengenal Zippo, Pemantik Legendaris
Source: zippom.com

George G. Blaisdell mendirikan pabrik Zippo pada akhir tahun 1932 dan mulai meluncurkan produk pertamanya pada awal tahun 1933. Zippo sendiri diambil dari kata Zipper yang berarti retsleting, lalu diubah sedikit katanya sehingga diputuskan untuk menjadi "Zippo". Produk pertama Zippo dibandrol dengan harga yang cukup murah, yaitu USD 1.95 (sekitar IDR 15 ribu) dengan bentuk persegi empat yang memang menjadi bentuk ikoniknya hingga saat ini.

Mengenal Zippo, Pemantik Legendaris
Source: ebay.com

Ketenaran Zippo semakin meledak setelah para tentara Amerika Serikat menggunakan korek yang satu ini di medan perang pada masa Perang Dunia II. Saat itu Zippo didesain dengan sangat kuat dan tidak memerlukan bahan bakar khusus, sehingga benar-benar sangat praktis untuk digunakan, terutama saat berada di medan perang. Oleh karena itu, Zippo kemudian mendukung penuh kebutuhan tentara Amerika Serikat dan sempat menghentikan penjualan pemantik untuk pasar umum. Kemudianm setelah Perang Dunia II selesai, Zippo kembali memproduksi pemantik untuk pasar umum.

Kini Zippo telah berkembang pesat, banyak desain-desain baru membuat pemantik yang satu ini menjadi incaran kolektor. Meskipun produknya rata-rata masih terjangkau, tetapi ada edisi tertentu yang membuat harganya jadi melambung tinggi. Pada tahun 2007, Zippo merilis edisi Windproof Lighter 75th Anniversary, dan edisi ini terjual dengan harga yang fantastis, yakni sekitar setengah miliar rupiah, tepatnya IDR 535 juta.

Mengenal Zippo, Pemantik Legendaris
Source: shopify.com

Karena kepopuleran pemantik yang satu ini sangat tinggi, beberapa pihak memilih untuk memproduksi Zippo palsu atau versi KW. Bukan sembarang palsu, Zippo versi KW dibuat dengan detail yang akurat, dan hal ini membuat pada konsumen sulit untuk membedakan mana yang paslu dan mana yang asli.

Mengenal Zippo, Pemantik Legendaris
Source: velloakbar.blogspot.com

Tapi tenang saja, karena ada beberapa cara agar kalian bisa memastikan Zippo kalian asli atau tidak, salah satunya yaitu dengan mengecek bahan casing yang digunakan. Zippo yang asli jelas menggunakan bahan awet dan tidak akan berkarat. Selain itu bisa juga dilihat dari lengkungan pada tutup yang terlihat agak melengkung ke atas, atau dari harga dan juga garansinya.

Jadi, apakah kalian termasuk ke dalam pemilik Zippo karena fungsinya, atau merupakan kolektor dari Zippo?

You may also like

Leave a comment