Wednesday Jul 24, 2024 12:21
Featured

Tips Merawat Rambut Agar Tak Mudah Rusak

Tips Merawat Rambut Agar Tak Mudah Rusak

MATA LELAKI - Rambut bisa diibaratkan sebagai mahkota, yang mampu menunjang penampilan kita, terutama untuk kaum wanita. Memiliki rambut yang sehat dan lembut adalah dambaan setiap orang. Tak sedikit dari kita pastinya pernah mengalami masalah atau kerusakan rambut, seperti misalnya rambut rontok, kering, ketombe, bahkan rambut rontok. Lantas bagaimanakah cara mengatasinya? Tenang, tak perlu khawatir, karena berikut ini ada beberapa tips mengenai bagaimana kita merawat rambut agar tetap sehat.

Tips Merawat Rambut Agar Tak Mudah Rusak

Source: pixabay.com

Yang pertama, jelas kita harus menjaga kebersihan rambut. Caranya yaitu keramas sesuai dengan kebutuhan rambut kalian. Kebanyakan dari kita mungkin percaya, makin sering kita keramas, maka membuat rambut makin sehat dan kuat. Padahal, sering keramas juga memberikan efek buruk pada rambut. Jadi, kalian bisa atur paling tidak keramas selama 2 hari sekali, untuk menjaga kesehatan rambut kalian.

Kalian juga harus mengetahui jenis rambut kalian. Jika rambut kalian tergolong keriting dan memiliki kelembaban rendah atau kering, maka kalian bisa melakukan keramas sebanyak 2 kali seminggu dengan produk sampo yang cocok buat rambut kalian. Awas, jangan sampai salah pakai sampo, karena justru akan membuat rambut kalian rusak.

Sebaliknya, jika kalian memiliki jenis rambut yang berminyak, maka disarankan untuk rutin keramas agar kelembaban rambut kalian tetap terjaga dan tidak lepek. Menggunakan kondisioner atau vitamin rambut setelah keramas juga bisa dilakukan untuk membuat rambut kalian lebih sehat.

Tips Merawat Rambut Agar Tak Mudah Rusak
Source: pixabay.com

Cara berikutnya yaitu dengan rutin potong ujung rambut dan kurangi menata rambut dengan menggunakan gel agar rambut tidak bercabang. Rambut yang bercabang juga mempengaruhi kesehatan rambut kalian. Jika hal ini dibiarkan, maka kerusakan rambut akan sulit dihindarkan. Memotong ujung rambut bisa kalian lakukan 10-15 kali seminggu tergantung pertumbuhan rambut.

Kalian juga harus hindari rambut dari sinar matahari langsung. Karena selain membuat rambut menjadi kering dan kusam, rambut juga akan kehilangan nutrisi. Kalian bisa menggunakan pelindung kepala seperti topi atau payung jika melalukan aktivitas di luar ruangan. Menguncir rambut kuat juga dapat mengakibatkan rambut menjadi mudah rontok.

Tips Merawat Rambut Agar Tak Mudah Rusak
Source: pixabay.com

Makanan yang memiliki gizi baik selain memberikan kesehatan untuk tubuh, ternyata juga berpengaruh besar untuk kesehatan rambut. Maka dari itu, kalian harus bisa memilih makanan yang tepat. Beberapa makanan memiliki gizi atau nutrisi yang diperlukan rambut kalian, seperti vitamin, zat besi, dan protein. Contoh makanan yang baik untuk kesehatan rambut kalian antara lain adalah sayuran seperti wortel, buah-buahan seperti pisang, telur, yogurt, atau ikan.  

Itulah tadi tips untuk merawat rambut kalian agar tetap sehat. Jika tips di atas sudah dilakukan, maka tak akan lagi ada yang namanya rambut rusak atau rontok.

You may also like

Leave a comment