Wednesday Jul 24, 2024 13:03
Featured

Waspada Dampak Keseringan 'Olahraga Jari'

Waspada Dampak Keseringan 'Olahraga Jari'

MATA LELAKI - Onani atau masturbasi merupakan salah satu cara untuk menyalurkan hasrat seks pada setiap pria. Masturbasi sendiri dapat dilakukan baik oleh pria ataupun wanita. Masturbasi bisa digunakan lewat media seperti sex toys ataupun memakai tangan.

Meski mampu memperoleh kepuasan seksual meski tak memiliki pasangan, ada bahaya onani yang perlu diwaspadai. Berikut dampak jika terlalu sering melakukan onani.

1. Kanker Prostat

Waspada Dampak Keseringan 'Olahraga Jari'Source:ilovelife.co.id

Studi di jurnal BJU International menemukan bahwa aktivitas seksual termasuk onani pada pria usia 20-30-an dapat meningkatkan risiko kanker prostat. Risiko ini dapat terjadi jika kalian terlalu sering melakukan onani.

2. Muncul Penyesalan

Waspada Dampak Keseringan 'Olahraga Jari'Source: umsu.ac.id

Kebiasaan melakukan onani ternyata juga dapat membuat seseorang merasa bersalah atau menyesal setelah melakukannya. Hal tersebut dapat dipengaruhi karena kondisi di lingkungannya, seperti norma atau aturan yang berhubungan dengan aktivitas onani.

Perasaan bersalah ini berpotensi membuat seseorang mengalami stres dan penurunan produktivitas atau semangat. Stres tersebut juga berpotensi menyebabkan penurunan kualitas dalam berhubungan seksual dengan pasangan.

3. Luka Pada Kelamin

Waspada Dampak Keseringan 'Olahraga Jari'Source: klikdokter.com

Terlalu sering melakukan onani baik dengan alat bantu atau tidak, berpotensi mencederai alat kelamin kalian. Pasalnya saat melakukan onani, seseorang cenderung fokus pada hasrat seksualnya dibandingkan melakukan aktivitas onani dengan aman.

Saat cedera terjadi, beberapa gejala yang dapat timbul antara lain adalah lecet, bengkak, dan nyeri pada area alat kelamin kalian. Tentu saja gejala-gejala tersebut dapat membuat kalian tidak nyaman saat melakukan aktifitas apapun.

4. Ejakulasi Dini

Waspada Dampak Keseringan 'Olahraga Jari'Source: puskesmaskuta.badungkab.go.id

Bahaya onani terlalu sering sangat berkaitan dengan ejakulasi dini. Hal ini akan membuat pria sangat sulit mengendalikan pelepasan sperma ketika berhubungan badan atau orgasme. Saat saraf penis terlalu terangsang, hal ini membuat kalian ejakulasi dini. Sebaiknya gunakan pelumas saat onani agar dapat memperlambat tindakan mengelus. Cara ini dianggap dapat mencegah kondisi ejakulasi dini.

Itulah beberapa dampak jika kalian terlalu sering melakukan onani. Agar tidak kecanduan, cobalah kalian mengisi waktu luang kalian dengan aktifitas atau kegiatan yang positif.

You may also like

Leave a comment