Wednesday May 01, 2024 06:04
Featured

Anak Kecanduan Game Online? Ini Solusinya

Anak Kecanduan Game Online? Ini Solusinya

MATA LELAKI Fenomena game online tidak hanya digemari oleh orang dewasa saja, tetapi juga anak-anak. Banyak jenis game yang memakan waktu lama untuk memainkannya dan dapat membuat kecanduan para pemainnya. 

Memainkan game online secara berlebihan mampu menurunkan kemampuan kerja otak, apalagi jika dialami oleh anak-anak. Selain itu, bermain game online secara berlebihan dapat membuat anak kehilangan fungsi atensi untuk berkonsentrasi dan fungsi inhibisi atau kemampuan untuk membatasi diri.

Efek buruk lainnya yang bakal terjadi adalah memiliki emosi tidak stabil yang dapat mempengaruhi kehidupan sosial mereka. Lantas bagaimana cara mengatasi kecanduan game online pada anak? Simak bahasan berikut ini.

Anak Kecanduan Game Online? Ini SolusinyaSource: pexels.com

Sebagai orang tua tentu kita harus mengamati kegiatan yang dilakukan oleh anak. Kita harus mengetahui apakah ada tanda-tanda yang menunjukkan bahwa anak sudah kecanduan game online, terlebih lagi jika anak tersebut sudah mengenal gadget dari umur 1-2 tahun. Berikut adalah ciri-ciri seorang yang sudah kecanduan game online.

  • Lebih memilih untuk bermain gadget dibanding bermain di luar bersama teman.
  • Merasa gelisah atau tantrum jika melewatkan bermain game.
  • Tidak nafsu makan.
  • Jam tidur yang berantakan.
  • Prestasi di sekolah menurun lantaran sulit berkonsentrasi.
  • Muncul keluhan lain seperti sakit mata, pusing, atau nyeri punggung.

Kalian bisa mengatasi masalah kecanduan game online pada anak tersebut dengan menerapkan beberapa tips di bawah ini.

Anak Kecanduan Game Online? Ini SolusinyaSource: pexels.com

1. Komitmen Orang Tua

Kedua orang tua harus kompak berkomitmen untuk membatasi bermain game pada anak. Buatlah aturan dan batasan untuk mereka dalam bermain game online. Orang tua bisa membuat jadwal khusus untuk bermain game, seperti di hari libur atau akhir pekan. Hal ini juga termasuk pada batasan waktu selama bermain game, misalnya 1 atau 2 jam dalam seminggu.

Jangan melarang dengan perlakuan kasar dan kekerasan agar anak-anak tidak merasa kesenangannya dirampas begitu saja.

2. Bermain Game Bersama Anak

Peran orang tua sangat penting dalam menemani anak bermain game. Mendampingi anak bermain game online dapat menghindari anak dari game-game yang berbau pornografi atau yang memiliki unsur kekerasan.

Orang tua juga dapat memberikan saran untuk memainkan game yang edukatif dan memberikan sarana pembelajaran yang mendidik namun tetap menghibur.

Anak Kecanduan Game Online? Ini SolusinyaSource: pexels.com

3. Kegiatan Bersama Tanpa Game Online

Orang tua perlu melakukan aktivitas yang menarik untuk anak-anak selama membatasi aturan game online pada anak. Orang tua dapat mengajak anaknya untuk melakukan kegiatan yang membuat mereka senang dan teralihkan dari gadget.

Kegiatan tersebut tidak hanya membantu mengalihkan pikiran dari game online, melainkan bisa mengubah rutinitas baru yang berbeda dari sebelumnya.

Itulah tanda-tanda dan juga beberapa tips mengatasi kecanduan game online pada anak. Semoga saja nantinya anak-anak tak ada lagi yang kecanduan bermain game online.

You may also like

Leave a comment