Wednesday May 01, 2024 03:56
Featured

Supermoto, "Kembaran" Motor Trail

Supermoto, "Kembaran" Motor Trail

MATA LELAKI - Supermoto adalah sebuah ajang balap sepeda motor yang diadakan di lintasan dengan jenis trek yang berbeda. Trek yang dilalui supermoto tersebut bisa lintasan datar atau tidak beraturan, serta beraspal dan juga dengan rintangan motocross.

Supermoto, "Kembaran" Motor TrailSource: pexels.com

Jika dilihat dengan sekilas memang bentuk dari kendaraan supermoto sangatlah mirip dengan trail. Tetapi terdapat perbedaan yang signifikan antara supermoto dan trail.

Kedua tipe tersebut memang sama gaharnya untuk dibawa ke medan yang penuh dengan rintangan ataupun digunakan harian di jalanan yang mulus. Lantas apa perbedaan motor trail dan supermoto?

Supermoto, "Kembaran" Motor TrailSource: traxion.gg

Perbedaan yang sangat jelas bisa dilihat pada bagian kaki-kaki kedua jenis motor tersebut. Ban yang digunakan supermoto lebih dominan untuk trek beraspal atau biasa disebut ban donat, sedangkan ban yang digunakan pada motor trail adalah ban kotak-kotak atau biasa disebut kotak tahu yang cocok untuk melintas di trek yang ekstrem. Tidak hanya itu, settingan stang untuk supermoto juga tak selebar motor trail.

Motor trail ada beberapa jenis yang memiliki keunggulannya tersendiri, antara lain dual sport,  motard, enduro, motocross, dan adventure. Ada jenis yang memang dikhususkan untuk menerjang lintasan yang terjal, namun ada juga yang memiliki fungsi ganda sehingga bisa digunakan di trek yang ekstrem ataupun di jalan raya sehingga cocok dipakai untuk keperluan harian.

Supermoto, "Kembaran" Motor TrailSource: ma.org.au

Kedua motor ini ada yang menyediakan mesin berkapasitas 2 dan 4 tak. Secara tenaga memang 2 tak tidak bisa disepelekan, tetapi belakangan mesin 2 tak mulai ditinggalkan karena dinilai tidak efisien. Dari segi perawatan, mesin 4 tak lebih hemat karena tidak terlalu sering ganti oli dan busi.

Sementara untuk lintasan yang digunakan di supermoto cenderung pada track aspal 50 – 75% dan sisanya lintasan tanah atau off road. Intinya adalah jenis supermoto bisa diandalkan di 3 lintasan berbeda, road race, motocross, dan flat track.

Bagaimana? Apakah kalian tertarik untuk mencoba supermoto?

You may also like

Leave a comment