Saturday Apr 27, 2024 13:26
Featured

Karakter Seseorang Berdasarkan Generasi, Kalian yang Mana?

Karakter Seseorang Berdasarkan Generasi, Kalian yang Mana?

MATA LELAKI - Kalian pasti sering mendengar istilah 'Gen-z' ataupun 'generasi milenial'. Sebenarnya apa maksud dari istilah-istilah tersebut? Rupanya, istilah tersebut adalah untuk memisahkan antar generasi satu dan generasi lainnya. Terdapat beberapa istilah lain yang digunakan untuk mengelompokkan individu berdasarkan generasi kelahirannya. Berikut penjelasannya.

  • Baby Boomers adalah generasi yang lahir pada rentang 1946 sampai 1964.
  • Generasi X adalah mereka yang lahir antara 1965 sampai 1976.
  • Generasi Y atau Millennials adalah mereka yang lahir antara tahun 1977 sampai 1994.
  • Generasi Z sendiri adalah generasi terbaru yang lahir antara tahun 1995 sampai 2010.
  • Generasi Alpha adalah mereka yang lahir setelah generasi Z.

Setiap generasi tentu memiliki karakternya masing-masing. Hal ini dikarenakan oleh zaman yang berbeda dan juga dipengaruhi oleh berbagai faktor, sepeti lingkungan, sosial, maupun orang tua.

Karakter Seseorang Berdasarkan Generasi, Kalian yang Mana?Source: pexels.com

1. Baby Boomers

Generasi ini lahir tepat setelah Perang Dunia II berakhir. Sebutan 'Baby Boomers' ditemukan pasca Perang Dunia II, di mana pada era itu tingkat kelahiran di seluruh dunia melonjak, sehingga terjadilah ledakan angka kelahiran bayi atau baby boom.

Boomers menjadi individu dengan tingkat kedisiplinan yang tinggi, mental sekuat baja, prinsip kuat, serta berpegang teguh pada loyalitas dan dedikasi. Mereka juga sangat kompetitif, jadi mereka membutuhkan pengakuan dan penghargaan agar mereka tetap termotivasi untuk mencapai lebih banyak. Selain itu boomers juga sulit menerima kritik, namun suka mengkritik generasi muda akibat kurang komitmen dan etika kerja.

2. Generasi X

Generasi X merupakan orang-orang yang dibesarkan oleh 'Boomers'. Awal mulanya sebutan untuk generasi ini adalah 'Gen Bust' dan dijuluki sebagai ‘The Latchey Kids’ atau anak-anak yang merasa kesepian lantaran ditinggal orang tuanya bekerja. Gen X juga tumbuh di awal perkembangan dunia teknologi seperti penggunaan komputer, televisi kabel, video game, dan internet.

Kondisi krisis ekonomi dunia yang pada saat itu sedang terjadi mempengaruhi karakter generasi ini, sehingga mereka dituntut untuk mandiri dan pintar dalam mencari peluang. Namun generasi X lebih dapat menjalani keseimbangan dalam bekerja dan kehidupan keluarga.

Karakter Seseorang Berdasarkan Generasi, Kalian yang Mana?Source: pexels.com

3. Generasi Y (Milenial)

Generasi Y atau lebih dikenal dengan generasi milenial ini lahir dan tumbuh besar pada era peralihan teknologi, dari yang analog menjadi digital, kemunculan internet dan media sosial. Milenial dianggap sebagai generasi yang paling mandiri dan lebih ekspresif dan memiliki pemikiran terbuka. 

Dibandingkan generasi sebelumnya, milenial lebih terbuka dalam menerima perubahan serta ambisius dan punya rasa percaya diri yang tinggi. Makanya tak heran jika angkatan ini lebih mudah meraih kesuksesan di usia muda. Namun terdapat kekurangan dari generasi ini yaitu mereka rentan mengalami stres dan depresi. Bahkan beberapa di antaranya juga merasa sulit bergaul.

4. Gen Z

Gen Z adalah generasi yang tumbuh di dunia yang serba digital dan canggih. Generasi ini adalah kelompok anak muda yang tidak pernah mengenal kehidupan tanpa teknologi. Mereka cenderung ketergantungan pada teknologi, gadget, dan aktivitas di media sosial. Hal tersebut juga membuat mereka suka dengan hasil yang cepat dan instan, selalu terburu-buru, dan keras kepala.

Dibandingkan Gen Y, Gen Z cenderung lebih mudah untuk berbaur dan bersosialisasi dengan sekitarnya. Tak hanya itu, mereka juga sangat open-minded dan dapat menerima semua perbedaan yang ada dalam masyarakat.

Karakter Seseorang Berdasarkan Generasi, Kalian yang Mana?Source: pexels.com

5. Generasi Alpha

Generasi Alpha merupakan generasi termuda saat ini. Diperkirakan mereka lahir sekitar tahun 2011 - 2025, yang bisa dibilang bahwa mereka masih anak-anak. Karena hal itulah karakter umum dari generasi ini belum terlihat dengan jelas. Namun menurut Mark McCrindle, seorang peneliti sosial, menyatakan bahwa generasi ini akan menjadi kelompok yang sangat besar dengan hak mereka sendiri.

Itulah beberapa karakteristik generasi yang ada saat ini. Setiap generasi memiliki keunggulan, kekurangan, dan cara berpikirnya masing-masing. Kalau kalian generasi yang mana?

You may also like

Leave a comment