Sunday Apr 28, 2024 01:54
Featured

Pil KB untuk Wanita, Aman?

Pil KB untuk Wanita, Aman?

MATA LELAKI - Kebanyakan pasangan ingin mendapatkan momongan setelah menikah, tapi ternyata tidak sedikit juga pasangan yang menunda untuk tidak mendapatkan momongan karena berbagai alasan.  Buat kalian yang belum menginginkan keturunan, kalian bisa menggunakan alat kontrasepsi sebagai cara yang aman untuk menunda kehamilan, salah satunya dengan cara mengkonsumsi pil KB.

Pil KB untuk Wanita, Aman?
Source: klikdokter.com

Sebelum mengonsumsi pil KB, ada baiknya kalian mengetahui manfaat dan juga efek sampingnya untuk pasangan kalian, sehingga bisa menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

Manfaat

Pil KB untuk Wanita, Aman?Source: antaranews.com

Selain dapat mencegah kehamilan, pil KB juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan lainnya, seperti

1. Menghilangkan rasa sakit saat menstruasi

Ovulasi menyebabkan rahim kontraksi, sehingga membuat beberapa orang mengalami kram atau nyeri pada perut selama menstruasi. Bagi beberapa orang, keadaan seperti ini bisa sangat menyakitkan dan menyebabkan rasa yang sangat tidak nyaman. Salah satu manfaat pil KB adalah mengurangi masa ovulasi. Keadaan tersebut akan memengaruhi proses peluruhan dinding rahim sehingga mengurangi atau menghilangkan rasa sakitnya.

2. Menstruasi jadi teratur

Siklus menstruasi yang tidak teratur biasanya terjadi akibat adanya gangguan hormon reproduksi. Mengonsumsi Pil KB dapat membantu mengatasi masalah ini. Pil KB berfungsi menyeimbangkan hormon reproduksi di dalam tubuh pasangan kalian.

3. Mencegah kanker ovarium

Kanker ovarium dan endometrium adalah dua bentuk kanker yang khas bagi wanita. Dengan minum pil KB ternyata dapat memperkecil risiko kedua jenis kanker ini.

4. Menghaluskan wajah

Sampai saat ini masih banyak perempuan yang menyangka bahwa mengonsumsi pil KB bisa mengakibatkan jerawat. Padahal timbulnya jerawat dikarenakan adanya kondisi hormon yang tinggi di dalam tubuh pasangan kalian. Justru sebaliknya, pil KB dapat menurunkan tingkat hormon sehingga mencegah timbulnya jerawat dan membuat kulit wajah pasangan kalian menjadi mulus.

Efek Samping

Pil KB untuk Wanita, Aman?Source: honestdoc.id

1. Mual

Mual menjadi salah satu efek dari pemakaian pil KB. Beberapa orang mengalami mual ringan saat pertama kali meminum pil KB. Tapi kalian tidak perlu khawatir karena mual ini akan hilang dengan sendirinya.

Disarankan untuk meminum pil KB sebelum tidur agar dapat meringankan rasa mual. Namun, jika mual parah atau berlangsung selama beberapa bulan, sebaiknya bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan.

2. Keputihan

Keputihan juga bisa terjadi saat mengonsumsi pil KB. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh peningkatan produksi pelumas atau cairan di vagina.

3. Mood swing

Perubahan mood atau suasana hati juga dapat muncul dikarenakan pemakaian pil KB. Hormon memainkan peran penting dalam mood dan emosi seseorang. Perubahan kadar hormon, yang disebabkan oleh konsumsi pil KB, dapat memengaruhi suasana hati seseorang.

Itulah manfaat dan efek samping jika mengonsumi pil KB untuk wanita. Kalian bisa mengonsumsinya jika memang dibutuhkan, tentunya dengan anjuran dokter agar lebih aman.

You may also like

Leave a comment