Wednesday May 29, 2024 11:29
Featured

Deretan Gunung Tertinggi di Indonesia

Deretan Gunung Tertinggi di Indonesia

MATA LELAKI - Apakah kalian pecinta gunung? Pasti sudah tidak asing dengan gunung-gunung yang ada di tanah air tercinta. Indonesia merupakan negara dengan banyak gunung. Bahkan, salah satu gunung di Indonesia masuk dalam daftar 7 gunung tertinggi di dunia. Buat kalian para pecinta alam yang ingin mencoba hobi baru, kalian bisa mencoba hobi mendaki gunung, karena kalian berada di tempat yang tepat. Berikut adalah gunung-gunung tertinggi di tanah air yang menjadi incaran para pendaki.

Deretan Gunung Tertinggi di IndonesiaSource: kabarmapegaa.blogspot.com

1. Gunung Jayawijaya

Gunung Jayawijaya adalah gunung tertinggi di Indonesia yang puncaknya tertutup salju abadi. Berada di ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut (mdpl), puncak tertinggi gunung ini adalah puncak Carstensz yang dinobatkan sebagai salah satu World Seven Summits.

Lokasi Gunung Jayawijaya terbentang di antara dua wilayah negara yaitu Provinsi Papua di Indonesia hingga ke negara Papua Nugini.

2. Gunung Kerinci

Gunung yang terletak di perbatasan Kabupaten Kerinci, Jambi dan Kabupaten Solok Selatan, Sumatra Barat ini, menjadi gunung tertinggi di pulau Sumatra. Gunung Kerinci sendiri merupakan gunung merapi yang membuatnya menjadi gunung merapi tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.805 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Deretan Gunung Tertinggi di Indonesia

Source: google.com

3. Gunung Rinjani

Menjadi gunung tertinggi di urutan ke-3, ketinggian Gunung Rinjani mencapai 3.762 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung Rinjani merupakan gunung yang paling populer di kalangan para pendaki. Memiliki taman nasional dengan luas sekitar 41.330 ha, gunung ini juga memiliki pemandangan padang rumput luas dan hutan tropis.

4. Gunung Semeru

Gunung Semeru memiliki tingkat kepopuleran yang sama dengan gunung Rinjani di kalangan para pendaki. Semeru merupakan gunung tertinggi di pulau Jawa dengan ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl). Puncak tertinggi di gunung ini disebut sebagai Mahameru.

Lokasi Gunung Semeru berada di dua kabupaten, yaitu Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur.

Deretan Gunung Tertinggi di IndonesiaSource: bandungbergerak.id

5. Gunung Sanggar

Gunung Sanggar memberikan pemandangan yang tidak kalah indah. Walaupun tidak sepopuler Rinjani dan Semeru, tapi gunung yang satu ini masuk ke urutan gunung tertinggi ke 5 di Indonesia dengan ketinggian 3.564 meter di atas permukaan laut (mdpl). Lokasi Gunung Sanggar berada di daerah Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Itulah 5 gunung tertinggi yang ada di Indonesia yang wajib kalian ketahui. Apakah kalian pernah mencoba menaklukkan salah satu di antaranya?

You may also like

Leave a comment