Wednesday May 01, 2024 20:44
Featured

Terlihat Membosankan, Ini Manfaat dari Permainan Catur

Terlihat Membosankan, Ini Manfaat dari Permainan Catur

MATA LELAKI - Catur adalah permainan papan strategi yang dimainkan oleh dua orang pada sebuah papan kotak-kotak. Permainan yang satu ini cukup digemari sebagian orang yang lebih suka kegiatan indoor untuk mengisi waktu luang. Walaupun begitu, permainan yang satu ini mengandalkan kecermatan dan fokus agar bisa memenangkan permainan. Itulah mengapa permainan ini memiliki beberapa manfaat. Apa saja manfaat dari permainan catur ini?

Terlihat Membosankan, Ini Manfaat dari Permainan Catur Source: netflix.com

Olahraga otak, permainan catur bisa mencegah kalian dari serangan penyakit demensia saat hari tua. Demensia sendiri adalah sebuah sindrom yang berkaitan dengan sistem kerja otak yang menyebabkan seseorang mengalami penurunan daya ingat, berkurangnya kemampuan bicara, sampai gangguan pada kemampuan motorik.

Terlihat Membosankan, Ini Manfaat dari Permainan Catur Source: pexels.com

Melatih kesabaran, menyusun strategi untuk mengalahkan lawan dalam permainan catur memerlukan waktu yang lumayan lama. Para pemainnya akan terbiasa untuk bertindak sabar dan hati-hati. Saat diam pun, pemain catur harus fokus untuk memikirkan strategi dan langkah selanjutnya yang harus diambil. 

Konsentrasi dan daya ingat, bermain catur mengharuskan pemain untuk fokus pada papan catur. Jika hal ini rutin dilakukan, pikiran akan terus dilatih untuk fokus dan akan menghasilkan kinerja otak yang lebih baik. Selain itu, bermain catur juga dapat melatih otak tetap berpikir rasional meski berada di situasi genting.

Terlihat Membosankan, Ini Manfaat dari Permainan Catur Source: pexels.com

Membaca logika berpikir orang lain, aktivitas catur dapat menghubungkan pikiran pemain yang satu dengan pemain lainnya. Biasanya para pemain atau bahkan penonton yang menyaksikan pertandingan menempatkan diri sebagai lawan atau pemain agar mendapatkan point of view dan membaca strategi.

Setelah mengetahui manfaat dari permainan catur, apakah kalian juga tertarik untuk mencoba permainan yang satu ini?

You may also like

Leave a comment