Tuesday Apr 23, 2024 15:38
Featured

Deretan Istilah Kepribadian dalam Psikologi, Sudah Tahu?

Deretan Istilah Kepribadian dalam Psikologi, Sudah Tahu?

MATA LELAKI - Di zaman sekarang ini terdapat banyak istilah-istilah psikologi tentang perilaku seseorang. Istilah tersebut dibuat agar mudah mendeskripsikan suatu perilaku seseorang hanya dengan mengingat istilahnya. Berikut adalah beberapa istilah-istilah psikologi yang perlu kalian ketahui.

Deretan Istilah Kepribadian dalam Psikologi, Sudah Tahu?Source: ultimagz.com

1. Stockholm Syndrome

Stockholm Syndrome atau mekanisme koping merupakan gangguan psikologis yang mana korban sandera mengembangkan perasaan positif dengan penculiknya. Perasaan positif tersebut meliputi rasa kasih sayang dan empati pada pelaku penculikan.

2. Halo Effect

Halo Effect adalah sebuah perilaku terhadap seseorang yang menilai orang lain dari kesan pertama yang ditampilkan. Contoh, jika menemukan seseorang dengan fisik yang menarik, orang tersebut akan berasumsi bahwa mereka juga memiliki sifat-sifat yang baik, meskipun itu belum tentu benar.

3. Mythomania

Mythomania adalah perilaku seseorang yang suka berbohong dan apabila lawan bicaranya percaya akan kebohongannya, dia akan merasa bahagia. Bahkan tak jarang orang ini juga mempercayai kebohongannya sendiri.

Deretan Istilah Kepribadian dalam Psikologi, Sudah Tahu?Source: pexels.com

4. Dunning-Kruger Effect

Dunning-Kruger Effect adalah seseorang yang merasa lebih pintar dan hebat dibandingkan orang lain pada umumnya. Biasanya orang dengan kondisi seperti ini tidak memiliki keterampilan atau pengetahuan yang sepadan.

5. Narcissistic Personality Disorder

Perilaku yang satu ini merupakan orang yang haus akan pujian, menganggap dirinya jauh lebih penting dan memiliki empati yang rendah kepada orang lain.

6. Eccedentesiast

Eccedentesiast adalah sebutan untuk seseorang yang sering menyembunyikan perasaannya terhadap orang lain. Orang tersebut lebih memilih memberikan senyuman padahal hatinya sedang terluka.

Deretan Istilah Kepribadian dalam Psikologi, Sudah Tahu?Source: pexels.com

7. Barnum Effect

Barnum effect merupakan suatu kondisi dimana seseorang yang percaya pada ramalan zodiak dan tes kepribadian berdasarkan golongan darah. Hal ini akan membuat seseorang merasa spesial dan meyakini bahwa apa yang ia baca dirancang khusus untuk dirinya sendiri.

8 . Catharsis

Catharsis adalah suatu cara yang digunakan oleh seseorang ketika mengalami emosi negatif dan memilih untuk melampiaskannya dengan cara yang positif. Seperti orang yang lagi marah, sedih, memilih untuk membaca buku untuk men-distract emosinya tersebut.

Itulah beberapa istilah psikologis yang perlu kalian ketahui. Apakah di lingkungan kalian ada orang dengan salah satu kepribadian di atas?

You may also like

Leave a comment