Wednesday Jul 24, 2024 12:40
Featured

Mengenal Fakta dan Sejarah Musik Rap

Mengenal Fakta dan Sejarah Musik Rap

MATA LELAKI - Musik rap merupakan salah satu genre musik yang paling berpengaruh dalam industri musik modern. Muncul dengan warna baru, musik rap menjadi aliran yang cukup fleksibel. Hal ini dikarenakan genre rap bisa disisipkan ke berbagai genre lainnya seperti pop, hip hop, rock, metal, dan lainnya. Sebelum populer seperti sekarang ini, ternyata perjalanan sejarah musik rap sudah ada sejak dulu.

Mengenal Fakta dan Sejarah Musik RapSource: pexels.com

Rap adalah teknik vokal yang berkata-kata dengan cepat yang diiringi dengan musik DJ atau band. Rap sendiri diambil dari bahasa Inggris yang dapat diartikan sebagai “protes”. Seiring berjalannya waktu istilah tersebut digunakan untuk menjelaskan seni ekspresi verbal yang diiringi ketukan perkusi atau alunan melodi.

Perkembangan musik rap berawal pada tahun 1970-an oleh kaum Afro-Amerika yang kini telah tumbuh dan berkembang menjadi bagian integral dari budaya populer. Berikut adalah fakta-fakta mengenai musik rap:

Mengenal Fakta dan Sejarah Musik RapSource: fouroverfour.jukely.com

  • Para musisi yang berasal dari lingkungan perkotaan Bronx dan Harlem, New York City mulai menggunakan turn table untuk menghasilkan suara baru dengan teknik scratching pada akhir tahun 1970-an.
  • Lagu berjudul "Rapper's Delight" yang dirilis oleh The Sugarhill Gang merupakan salah satu lagu rap pertama yang sukses secara komersial pada tahun 1979.
  • Pada tahun 1980-an musik rap mulai berkembang lebih luas dengan munculnya rapper-rapper baru, baik itu solo maupun grup. Beberapa artis seperti Run-D.M.C., LL Cool J, dan Public Enemy menjadi ikon rap pada masa itu. Musik rap juga dijadikan tempat untuk mengkritik sosial, politik serta pengalaman pribadi.

Mengenal Fakta dan Sejarah Musik RapSource: pexels.com

  • Rap mencapai masa kejayaannya di tahun 1990-an. Kesuksesan ini terus meningkat karena penggabungan elemen rap dengan musik pop dan R&B.
  • Pada awal abad ke-21 mulai bermunculan subgenre seperti gangsta rap, mumble rap, trap, dan hip-hop alternatif, membuktikan bahwa rap dapat memberikan warna yang berbeda.

Hingga kini musik rap terus dinikmati orang banyak dan menjadi fenomena global di seluruh penjuru dunia. Apa kalian termasuk penggemar musik rap?

You may also like

Leave a comment