Friday Mar 01, 2024 14:28
Featured

Sinterklas atau Santa Claus, Mana yang Benar?

Sinterklas atau Santa Claus, Mana yang Benar?

MATA LELAKI - Menjelang hari Natal, biasanya banyak orang yang merayakannya dengan hiasan dan juga pernak-pernik spesial Natal, mulai dari hiasan pohon Natal dan juga pakaian. Tidak hanya itu, hari Natal juga identik dengan sosok pria tua baik hati dengan janggut putih dan tebal yang sangat dinanti-nanti oleh anak-anak.

Sebagian orang menyebut sosok pria tersebut dengan sebutan Sinterklas, namun ada juga yang menyebutnya Santa Claus. Apakah kedua sebutan itu memiliki arti yang sama? Atau ada perbedaan di antara kedua penyebutan itu? Simak bahasan berikut ini!

Sinterklas atau Santa Claus, Mana yang Benar?Source: pexels.com

Walaupun dari segi tampilan Sinterklas dan Santa Claus memang terlihat mirip, dan sama-sama datang saat acara perayaan berlangsung, tapi sebenarnya mereka merupakan dua sosok yang berbeda. Keduanya memiliki perbedaan dari latar belakang sejarahnya, sehingga dapat dikatakan kedua pria tersebut serupa tetapi tak sama.

Penyebutan Sinterklas lebih dulu ada dibandingkan dengan Santa Claus. Sinterklas memiliki nama lain Saint Nicholas yang merupakan seorang uskup dari Myra pada paruh pertama abad ke-3. Nicholas juga suka memberikan hadiah kepada orang-orang miskin dan dipandang sebagai santo pelindung bagi anak-anak.

Sinterklas atau Santa Claus, Mana yang Benar?Source: pexels.com

Menurut cerita yang beredar, Sinterklas pertama kali muncul pada pertengahan November. Dengan menggunakan kapal uap Sinterklas tiba di Belanda. Dua minggu tepat sebelum ulang tahunnya, Sinterklas mengendarai kuda putih melintasi atap rumah pada malam hari, dan juga meninggalkan hadiah dan permen di sepatu anak-anak baik.

Dari segi tampilan, Sinterklas terlihat mengenakan jubah merah panjang di atas baju uskup tradisional berwarna putih sembari memegang tongkat gembala berwarna emas dengan bagian atas yang melengkung. 

Sosok Sinterklas, dan perannya selama Natal, sebagian besar didasarkan pada Sinterklas Belanda.

Sinterklas atau Santa Claus, Mana yang Benar?Source: pexels.com

Sementara Santa Claus dikenal sebagai karakter yang menggemaskan dan baik hati, merupakan karakter buatan yang diciptakan tidak lama setelah Belanda mulai menjajah Amerika.

Dengan menggunakan baju dominan merah dan putih serta ikat pinggang hitam ciri khasnya, Santa Claus biasanya digambarkan mengendarai kereta luncur yang ditarik oleh 9 ekor rusa terbang, termasuk Rudolph si hidung merah.

Itulah perbedaan antara Sinterklas dan Santa Claus. Walaupun Sinterklas dan Santa Claus ternyata karakter yang berbeda namun mereka berdua merupakan sosok baik hati, menghibur, dan juga menyenangkan, serta pastinya identik dengan suasana Natal.

You may also like

Leave a comment