Friday Mar 01, 2024 15:08
Featured

Manfaat Ikan Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Ikan Bagi Kesehatan Tubuh

MATA LELAKI - Ikan laut menjadi salah satu makanan tersehat di bumi yang kaya akan nutrisi penting seperti protein dan vitamin. Ikan juga menjadi sumber asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan tubuh dan otak yang optimal. Selain itu, ikan mengandung vitamin D dan B12, serta kaya mineral, seperti kalsium, fosfor, zat besi, seng, yodium, magnesium, dan kalium.. 

Tidak hanya kaya akan nutrisi, ikan juga memiliki manfaat lain bagi kesehatan tubuh, antara lain sebagai berikut:

Manfaat Ikan Bagi Kesehatan TubuhSource: pexels.com

1. Menurunkan risiko serangan jantung dan stroke

Kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi pada jenis ikan berlemak dipercaya memiliki manfaat bagi kesehatan jantung. Beberapa studi juga menunjukkan bahwa orang yang makan ikan secara teratur memiliki risiko serangan jantung, stroke, dan kematian akibat penyakit jantung yang lebih rendah dibanding yang tak suka makan ikan.

2. Mencegah Depresi

Dikutip dari Healthline, beberapa uji coba menyebutkan bahwa asam lemak omega-3 dapat melawan depresi dan secara signifikan meningkatkan keefektifan obat antidepresan. Selain itu ikan dan asam lemak omega-3 juga dapat membantu kondisi mental lainnya, seperti gangguan bipolar.

Manfaat Ikan Bagi Kesehatan TubuhSource: pexels.com

3. Baik untuk Kesehatan Tulang dan Gigi

Ikan merupakan sumber mineral yang penting untuk kepadatan tulang, seperti kalsium dan fosfor. Selain itu, ikan juga kaya akan vitamin D yang membantu penyerapan kedua mineral tersebut. Ketiga kandungan tersebut dibutuhkan untuk kesehatan sistem gerak, seperti pertumbuhan tulang dan gigi anak.

4. Menurunkan Risiko Asma pada Anak

Kandungan asam lemak omega-3 yang ada pada ikan ternyata juga dapat menurunkan risiko asma pada anak hingga 24 persen. Omega-3 menekan respons sel terhadap pemicu asma. Selain itu omega-3 pada ikan juga dapat membantu mengurangi peradangan kronis yang dimiliki oleh anak pengidap asma.

Manfaat Ikan Bagi Kesehatan TubuhSource: pexels.com

5. Menjaga Kesehatan Mata

Ikan juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dari penurunan fungsi karena penuaan. Sebuah penelitian menunjukkan, rutin konsumsi ikan berhubungan dengan penurunan degenerasi makula pada wanita hingga 42 persen. Lagi-lagi manfaat ini didapatkan dari kandungan omega-3 yang ada pada ikan. Karena baik untuk kesehatan jantung, omega-3 membantu melancarkan aliran darah menuju mata.

Itulah manfaat yang ada pada ikan. Mengonsumsi ikan sangat baik untuk kebutuhan gizi harian, meningkatkan kondisi kesehatan, hingga menurunkan risiko penyakit berbahaya. Tapi tentu saja semua manfaat tersebut bisa didapatkan secara maksimal dengan mengetahui cara masak yang tepat.

You may also like

Leave a comment