Saturday Apr 27, 2024 21:37
Featured

Air Terjun Terindah di Indonesia, Dijamin Betah!

Air Terjun Terindah di Indonesia, Dijamin Betah!

MATA LELAKI - Berbicara tentang kekayaan alam di Indonesia, tentunya tak akan ada habisnya. Pasalnya, di Indonesia tersedia banyak wisata alam yang bisa dikunjungi, mulai dari pantai, gunung, sampai ke air terjun.

Meski tak sebanyak pantai, wisatawan domestik atau wisatawan luar negeri yang berkunjung untuk menikmati indahnya air terjun tak bisa dikatakan sedikit. Jika kalian termasuk penasaran dengan keindahan air terjun yang ada di Indonesia, berikut ini adalah beberapa air terjun terindah yang bisa kalian kunjungi.

1. Air Terjun Banyumala (Bali)

Air Terjun Terindah di Indonesia, Dijamin Betah!Source: goodnewsfromindonesia.id

Bali tak hanya pantai. Buktinya, salah satu air terjun terindah di Indonesia berlokasi di Bali. Air terjun yang dimaksud adalah Air Terjun Banyumala. Lokasinya berada di Banjar Asah Panji, Kab. Buleleng, Bali. Lokasinya yang berada di dataran tinggi dengan kumpulan bukit yang mengelilinginya menjadikan air terjun ini sangat sejuk dan asri.

2. Air Terjun Tumpak Sewu (Jawa Timur)

Air Terjun Terindah di Indonesia, Dijamin Betah!Source: gajahmada.com

Air terjun yang satu ini terdiri dari beberapa anak air terjun yang membentuk ketinggian total sekitar 120 meter, Air Terjun Tumpak sewu sendiri berasal dari sungai di sekitar gunung Semeru dan mengalir ke lembah yang membentuk formasi batu kapur yang menakjubkan. Jika kalian ingin menikmati keindahan air terjun ini, kalian perlu melakukan pendakian ringan selama 30 menit sampai 1 jam. Meski demikian, kelelahan kalian pasti terbayar dengan pemandangan yang sangat indah.

3. Air Terjun Sigura-gura (Samosir)

Air Terjun Terindah di Indonesia, Dijamin Betah!Source: radarmukomuko.disway.id

Selain dikatakan sebagai air terjun yang indah, ternyata air terjun ini pun menjadi air terjun tertinggi di Indonesia. Air Terjun Sigura-Gura ini berlokasi di Sumatera Utara, tepatnya di Kabupaten Samosir.
Keindahan alam Air Terjun Sigura-Gura sangat menakjubkan dengan pesona alam yang luar biasa, Bahkan bendungan yang ada di sini juga merupakan bendungan terbesar kedua yang ada di Indonesia.

4. Air Terjun Sipiso-piso (Karo)

Air Terjun Terindah di Indonesia, Dijamin Betah!Source: pixal

Nama air terjun ini diambil dari bahasa Batak yang artinya adalah pisau. Tentu jika diperhatikan, air terjun yang mengalir dari ketinggian 120 meter ini terlihat seperti sebuah bilah pisau yang tajam. Untuk menuju Air Terjun Sipiso-piso kalian harus menempuh perjalanan sekitar 57 menit dari Kota Kabanjahe hingga ke Karo. Sementara perjalanan dari Berastagi menuju lokasi air terjun membutuhkan waktu sekitar 1 jam.

5. Air Terjun Sendang Gile (Lombok)

Air Terjun Terindah di Indonesia, Dijamin Betah!Source: atourin.com

Air Terjun Sendang Gile berada di bawah Air Terjun Tiu Kelep. Aliran Air Terjun Sendang Gile sendiri mengalir melewati tebing setinggi 30 meter. Tebing yang teraliri air tersebut bertingkat-tingkat, serta tertutup oleh dedaunan hijau dan tumbuhan, membuat area di sekitarnya tertutup kabut tipis. Sesekali kalian akan melihat lengkungan pelangi di dekat air terjun.

Bagaimana? Apakah kalian sudah mengunjungi salah satu dari air terjun di atas?

You may also like

Leave a comment