Wednesday Jul 24, 2024 14:09
Featured

Hubungan Intim Saat Haid, Berbahaya?

Hubungan Intim Saat Haid, Berbahaya?

MATA LELAKI - Melakukan hubungan intim saat haid adalah hal yang sering kali dipertanyakan bagi kebanyakan perempuan. Sebenarnya tidak masalah berhubungan saat haid, dokter pun tidak melarang jika kalian memang ingin melakukannya. Hanya saja sebagian wanita mungkin akan merasa sedikit tidak nyaman. Selain itu melakukan hubungan intim pada saat menstruasi masih dianggap tabu sehingga banyak wanita yang ragu hingga takut untuk melakukannya.

Dari segi medis melakukan hubungan seksual pada saat menstruasi sebenarnya boleh dilakukan namun terdapat sejumlah risiko yang terjadi terlebih jika aktivitas tersebut tidak dilakukan dengan benar. Berikut beberapa risiko yang akan kalian alami jika melakukannya dengan cara yang tidak benar.

1. Penularan/Infeksi

Hubungan Intim Saat Haid, Berbahaya?Source: jawapos.com

Risiko yang pertama pada saat kalian melekukan hubungan intim saat menstruasi adalah IMS.
Jika pasangan perempuan kalian memiliki virus dalam tubuhnya, maka melakukan hubungan bisa menularkan ke kalian, misalnya seperti HIV atau hepatitis.

Alasannya adalah virus ini sangat aktif hidup di dalam darah dan bisa menyebar melalui kontak dengan darah menstruasi yang terinfeksi. Untuk mencegah risiko IMS ini, kalian bisa menggunakan kondom. Kondom ini bisa melindungi organ intim pria terpapar darah secara langsung.

2. Risiko Kehamilan

Hubungan Intim Saat Haid, Berbahaya?Source: halodoc.com

Wanita menstruasi dengan sangat mudah hamil pada saat melakukan hubungan intim, terutama jika siklus menstruasi lebih pendek sekitar 21 hingga 24 hari dan ketika berhubungan seks menjelang akhir menstruasi. Sperma dapat tetap hidup di vagina hingga lima hari, jadi kehamilan mungkin dapat terjadi, dan penting untuk kalian terus menggunakan alat kondom.

3. Infeksi Jamur pada Vagina

Hubungan Intim Saat Haid, Berbahaya?Source: herstory.co.id

Menurut informasi American Congress of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), vagina mempertahankan tingkat pH 3,8 hingga 4,5. Saat menstruasi, pH meningkat karena tingkat pH darah yang lebih tinggi dan dapat tumbuh lebih cepat. Gejala infeksi jamur vagina mungkin terjadi seminggu sebelum periode menstruasi. Berhubungan seksual selama haid dapat memperburuk gejala tersebut.

4. Kotor

Hubungan Intim Saat Haid, Berbahaya?Source: Idntimes.com

Dampak yang terakhir yang mungkin timbul dari melakukan hubungan seks pada saat menstruasi adalah kotor dan berantakan. Darah menstruasi akan terkena di tubuh pasangan atau di atas kasur terutama jika dilakukan saat menstruasi berat. Sebaiknya siapkan beberapa tisu basah atau handuk untuk membersihkan kemungkinan ranjang yang kotor setelah melakukan hubungan seks dengan pasangan yang sedang menstruasi.

Itulah beberapa dampak jika kalian melakukan hubugan intim pada saat pasangan kalian haid. Jadi jika kalian tidak ingin mengalami seperti yang di atas, bersabar dan tunggu sampai pasangan kalian selesai masa haidnya.

You may also like

Leave a comment