Wednesday Jul 24, 2024 13:41
Featured

Senam Kegel, Bukan Hanya untuk Wanita

Senam Kegel, Bukan Hanya untuk Wanita

MATA LELAKI - Senam kegel adalah latihan untuk mengencangkan otot-otot panggul dan meningkatkan fungsi seksual yang tak hanya bermanfaat bagi wanita, tapi juga pria. Gerakan dari senam kegel ini menyasar beberapa bagian otot panggung seperti otot pubokoksigeus atau otot yang berperan penting dalam mengendalikan aliran urine.

Senam Kegel, Bukan Hanya untuk WanitaSource: pexels.com

Manfaat

Seperti disebutkan di atas, senam kegel ternyata juga memiliki manfaat pada kaum pria. Manfaat senam kegel bagi kaum pria, antara lain adalah sebagai berikut.

1. Meningkatkan Kekuatan Otot Panggul

Manfaat utama dari senam kegel adalah untuk menguatkan otot yang ada di sekitar panggul, terutama otot pubokoksigeus atau otot pubococcygeus (PC). Dengan menguatkan otot panggul, pria dapat meningkatkan kontrol aliran urine dan ejakulasi.

2. Meningkatkan Fungsi Seksual

Senam kegel juga dapat membantu meningkatkan performa seksual pada pria. Olahraga ini dapat membuat otot panggul kuat sehingga dapat membantu meningkatkan ereksi, dan memperpanjang durasi hubungan intim dengan mengontrol ejakulasi dini.

3. Mengencangkan Vagina

Selain manfaat pada pria, senam kegel juga memiliki manfaat bagi seorang wanita. Bertambahnya usia serta persalinan yang dialami seorang wanita membuat vagina menjadi lebih longgar. Walaupun kondisi tersebut tidak permanen, namun melakukan senam kegel sangat berpengaruh untuk mempercepat pengencangan vagina dengan cara memperkuat otot dasar panggul yang mengelilingi vagina.

Senam Kegel, Bukan Hanya untuk WanitaSource: pexels.com

Cara Melakukan Senam Kegel

Cara termudah untuk mengidentifikasi otot-otot ini secara efektif adalah dengan menghentikan aliran air seni secara singkat saat buang air kecil, sambil duduk di atas toilet. Meski demikian, hindari melakukan gerakan ini untuk menahan kencing karena berisiko meningkatkan infeksi saluran kencing.

  • Tahap pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui di mana letak otot panggul bawah. Kalian bisa mencoba untuk menghentikan keluarnya air seni saat buang air kecil agar dapat menemukan otot panggul. Karena otot yang menahan urine tersebutlah yang dinamakan otot panggul bawah.
  • Jika sudah dapat merasakan otot panggul, kencangkan otot tersebut dan tahan selama 5 detik, kemudian lepaskan secara perlahan-lahan. Saat mengencangkan otot, tetaplah bernapas dengan santai dan hindari mengencangkan otot perut, paha, dan bokong.
  • Lakukan senam kegel beberapa kali dalam sehari, minimal 3-4 kali seminggu. Jika sudah terbiasa kalian bisa meningkatkan durasi hingga 5-10 detik.

Senam Kegel, Bukan Hanya untuk WanitaSource: pexels.com

Itulah manfaat senam kegel dan cara melakukannya. Melakukan senam kegel tidak perlu waktu dan tempat khusus, karena olaraga ini dapat kalian lakukan di mana saja, bahkan di tengah aktivitas sehari-hari seperti menonton televisi atau melakukan kerjaan kantor. 

Jika dilakukan dengan rutin, senam kegel akan memberikan manfaat yang bisa kalian rasakan dalam 3-6 minggu. Perlu diingat, jangan pernah melakukan gerakan ini sambil menahan kencing, karena meningkatkan infeksi saluran kencing.

You may also like

Leave a comment