Tuesday Apr 23, 2024 16:03
Featured

Sederet Manfaat Memijat Payudara

Sederet Manfaat Memijat Payudara

MATA LELAKI - Beberapa orang masih banyak yang beranggapan bahwa memijat payudara dilakukan hanya untuk mendeteksi keberadaan tumor atau kanker saja. Padahal jika dilakukan secara rutin, memijat payudara ternyata dapat memberikan banyak manfaat lain. Manfaatnya antara lain sebagai berikut.

Sederet Manfaat Memijat PayudaraSource: pexels.com

1. Mengurangi ketegangan payudara

Pijat payudara sangat berkaitan dengan pelepasan ketegangan. Hal ini dikarenakan sebagian besar payudara terdiri dari jaringan lemak. Stagnasi di jaringan lemak dapat berkontribusi pada pembentukan benjolan jinak. Dengan gerakan pijat tertentu , maka itu bisa membantu untuk membersihkan area tempat lemak menumpuk.

2. Memperlancar Sistem Limfatik

Pada kondisi tertentu, payudara terkadang bisa menjadi sesak dan dapat menyumbat aliran limfatik. Maka dari itu gerakan memijat di area payudara dipercaya dapat membantu melancarkan sistem limfatik.

Sederet Manfaat Memijat PayudaraSource: pexels.com

3. Menghilangkan Stres

Payudara merupakan salah satu area sensitif. Gerakan memijat yang dilakukan di area tersebut akan meredakan saraf-saraf yang menegang akibat stres. Selama kalian tidak sedang mengalami rasa cemas atau marah, pijatan payudara bisa menjadi pereda stres.

4. Mempelancar ASI

Mengutip Healthline, sebuah penelitian pada tahun 2004 menemukan bahwa pijat payudara sangat meningkatkan kualitas ASI. Manfaat ini paling terasa selama 11 bulan pascapersalinan. Tak hanya itu, beberapa studi lain juga menemukan bahwa pijatan dapat membantu meningkatkan aliran ASI.

Sederet Manfaat Memijat PayudaraSource: pexels.com

Memijat payudara juga bisa kalian lakukan di rumah, dengan menggunakan minyak pijat favorit kalian. Berikut adalah cara memijat payudara yang bisa kalian ikuti.

  • Mulailah pijatan dari puting hingga bagian luar payudara, dengan gerakan melingkar.
  • Pijatlah payudara dengan perlahan dan kurangi tekanan jika payudara mengalami nyeri.
  • Kalian bisa memperluas area pijatan ke ketiak dan tepi luar payudara, bergerak ke atas menuju sendi bahu.
  • Gerakkan tangan dan beri pijatan di area tulang selangka, bahu, dan leher.
  • Akhiri pijatan di tengah tulang dada searah jarum jam.

Setelah sesi pijat selesai, kalian bisa membilas seluruh badan atau berendam dengan menggunakan air hangat. Kalian bisa melakukan pijatan payudara secara rutin dan berkala. Namun jika kalian mempunyai riwayat operasi di area payudara, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

You may also like

Leave a comment