Tuesday Apr 23, 2024 13:52
Featured

Mengenal Kepribadian Introvert

Mengenal Kepribadian Introvert

MATA LELAKI - Introvert sering kali disalahartikan sebagai seseorang yang memiliki rasa malu yang cukup tinggi, padahal introvert berbeda dengan pemalu. Sebenarnya apa itu introvert?

Mengenal Kepribadian IntrovertSource: pexels.com

Introvert adalah suatu kepribadian yang berlawanan dengan ekstrovert. Biasanya seseorang yang introvert lebih suka menyendiri untuk mengumpulkan energi, serta cenderung fokus pada pikiran, perasaan, dan suasana hati. Walaupun demikian para introvert tidak memiliki masalah apabila harus berada di dalam situasi sosial.

Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM-5) menjelaskan bahwa pada dasarnya introversion bukan gangguan mental. Lantas apa ciri-ciri dan keunggunalan dari si introvert?

Mengenal Kepribadian IntrovertSource: pexels.com

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, introvert tidak ada masalah apabila harus berada di dalam situasi sosial, hanya saja mereka merasa energinya akan terkuras apabila berinteraksi dengan banyak orang dengan satu waktu. Itulah kenapa mereka suka menyendiri setelah berinteraksi dengan banyak orang untuk mengembalikan energi mereka. Tentu saja ini berbeda dengan ekstrovert yang mendapatkan energi bila berinteraksi dengan banyak orang. 

Mengenal Kepribadian IntrovertSource: pexels.com

Introvert juga sering dianggap anti sosial dan tidak menyenangkan karena lebih suka menghabiskan waktu sendiri. Hal ini disebabkan karena introvert lebih sering mendapatkan kebahagiaan ketika menghabiskan waktu sendiri. Meskipun begitu orang dengan kepribadian introvert tidak selalu sendirian selama sehari penuh, mereka tetap berinteraksi dengan orang-orang terdekat seperti keluarga dan teman dekat.

Walaupun jumlah teman yang dimiliki orang dengan kepribadian introvert tidak sebanyak orang lain, tapi teman yang dimiliki cenderung sangat berkualitas, yang menjaga dan merawat pertemanan dengan baik.

You may also like

Leave a comment