Friday May 03, 2024 21:25
Featured

Naik Gunung? Jangan Lupa Bawa Ini

Naik Gunung? Jangan Lupa Bawa Ini

MATA LELAKI - Mendaki gunung menjadi salah satu kegiatan seru yang banyak dilakukan orang. Hal ini bisa jadi disebabkan banyaknya gunung yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain berolahraga, mendaki gunung merupakan salah satu cara untuk melepas penat. Tentunya, agar lebih aman, kita wajib membawa beberapa perlengkapan, sehingga kita bisa naik gunung dan kembali dengan selamat.

Berikut ini adalah beberapa perlengkapan yang wajib kalian bawa saat akan mendaki gunung.

Tas Gunung

Naik Gunung? Jangan Lupa Bawa Ini
Source: cozmeed.com

Tas gunung tersedia dalam berbagai desain, dari ukuran, hingga variasi volume yang mempunyai kapasitas 50-100 liter. Tas gunung menjadi barang bawaan wajib kalian untuk meletakkan semua perlengkapan naik gunung yang kalian bawa.

Selain berguna untuk meletakan semua perlengkapan, ternyata tas gunung bisa menjadi duduk dan tempat kalian bersandar ketika sedang saat berhenti berjalan.

Sepatu Gunung

Naik Gunung? Jangan Lupa Bawa Ini
Source: atome.id

Saat kalian sedang mendaki gunung, dibutuhkan perlengkapan yang khusus agar perjalanan mendaki tidak terhambat, salah satunya yang paling esensial adalah sepatu gunung.

Mungkin sebagian dari kalian belum tahu, jika sepatu gunung ternyata tidak hanya menjadi aksesoris saja, akan tetapi memiliki fungsi yang sangat penting dalam menjaga kenyamanan dan keamanan kaki saat berada di alam bebas.

Kotak P3K

Naik Gunung? Jangan Lupa Bawa IniSource: adventureranddiscoverer.com

Perlengkapan lain yang wajib kalian bawa saat mendaki gunung adalah kotak P3K. Menjelajahi liarnya hutan belantara di kawasan pegunungan, isi kotak ini biasanya digunakan sebagai pertolongan pertama pada saat terjadi kecelakaan di tengah perjalanan mendaki gunung.

Tenda, jas hujan, dan baju ganti

Naik Gunung? Jangan Lupa Bawa Ini
Source: pramuka.id

Mungkin kalian sudah menyesuaikan jadwal naik gunung dengan prakiraan cuaca, namun namanya juga prediksi, bisa saja cuaca hari ini yang diharapkan cerah justru berawan atau hujan. Itulah sebabnya kalian juga wajib membawa perlengkapan untuk melindungi kalian dari cuaca yang tak terduga, seperti jas hujan, baju ganti, dan tenda. Jangan lupa juga bawa topi yang berfungsi melindungi kalian dari teriknya sinar matahari.

Peta atau kompas

Naik Gunung? Jangan Lupa Bawa Ini
Source: rimbakita.com

Kompas dan peta adalah benda yang menjadi "teman" kalian saat kalian dalam kondisi tersesat atau kehilangan arah, baik bagi para pendaki pemula atau pendaki yang sudah berpengalaman. Kalian wajib bawa peta dan kompas, karena benda ini saling terkait satu sama lain dan tak terpisahkan.

Itu dia beberapa perlengkapan yang wajib kalian bawa ketika hendak mendaki gunung, walau sebenarnya masih ada perlengkapan yang perlu kalian bawa seperti, jaket, sarung tangan, pelindung kepala, atau tracking pole. Bagaimana? Apakah di antara kalian sudah memiliki perlengkapan naik gunung yang lengkap?

You may also like

Leave a comment