Sunday Apr 28, 2024 23:03
Featured

Naik Gunung, Hobi Ekstrem yang Menyenangkan

Naik Gunung, Hobi Ekstrem yang Menyenangkan

MATA LELAKI - Naik gunung menjadi salah satu hobi yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Naik gunung adalah suatu kegiatan ekstrem yang menyenangkan. Keindahan alam dan udara segar menjadi alasan orang-orang melakukan aktivitas tersebut. Apalagi mendekati hari kemerdekaan Indonesia, biasanya banyak para pendaki yang naik gunung untuk mengibarkan bendera merah putih di puncak gunung.

Naik Gunung, Hobi Ekstrem yang MenyenangkanSource: pexels.com

Mendaki gunung juga memiliki banyak manfaat lain bagi kesehatan fisik dan mental, yaitu:

  • Kesehatan jantung, di saat mendaki gunung kinerja jantung akan bekerja lebih keras daripada melakukan aktivitas yang dilakukan sehari-hari. Udara yang segar dan bebas dari polusi juga akan menambah dampak positif bagi tubuh kalian. Mendaki gunung juga bisa memperkecil kemungkinan kalian akan mengalami risiko serangan jantung dan stroke.
  • Membentuk otot, medan yang berubah-ubah saat mendaki gunung membuat otot-otot pada tubuh berkerja lebih keras. Hal ini tentu akan berpengaruh pada peningkatan otot, seperti otot lengan, punggung, paha, betis, pinggul, dan betis.

Naik Gunung, Hobi Ekstrem yang MenyenangkanSource: pexels.com

  • Meningkatkan kepadatan tulang, berjalan kaki, menaiki tangga, dan berjemur di bawah sinar matahari adalah suatu kegiatan yang berpengaruh untuk meningkatkan kepadatan tulang. Pada saat naik gunung ketiga hal tersebut bisa kalian lakukan dengan bersamaan. Tentunya ini bisa membantu kalian untuk terhindar dari masalah tulang seperti osteoporosis.
  • Menghilangkan stres, menurut penelitian dibandingkan dengan melakukan tread mill berjalan dengan jarak atau durasi yang panjang dapat menaikan kadar kebahagiaan kalian. Apalagi dengan keindahan pemandangan yang ditawarkan setelah sekian lama terpaku oleh padatnya jadwal kerja sehari-hari.

Naik Gunung, Hobi Ekstrem yang MenyenangkanSource: pexels.com

  • Membangun hubungan sosial, kegiatan mendaki gunung biasanya dilakukan secara berkelompok atau tim. Maka dari itu, dengan mendaki gunung dapat membangun keterampilan kerja sama, saling bergantung, dan saling mendukung dalam mengatasi tantangan bersama.

Itulah beberapa manfaat yang akan kalian dapatkan ketika mendaki gunung. Jadi buat kalian yang mungkin lagi stres karena padatnya jadwal kerjaan, naik gunung bisa kalian jadikan salah satu pilihan untuk refreshing otak.

You may also like

Leave a comment