Friday Mar 01, 2024 14:03
Featured

Sejarah Gokar, Berawal dari Mesin Pemotong Rumput

Sejarah Gokar, Berawal dari Mesin Pemotong Rumput

MATA LELAKI - Apakah kalian pernah mencoba balapan dengan mobil yang berukuran mini? Mobil yang satu ini bukan sembarang mobil. Mobil mini tersebut bernama gokar yang ditenagai dengan mesin khusus.

Dikutip dari Wikipedia, gokar adalah varian dari kendaraan roda empat atap terbuka sederhana dan kecil untuk olahraga motor. Mobil balap mini ini biasanya berpacu di sirkuit skala kecil.

Sejarah Gokar, Berawal dari Mesin Pemotong RumputSource: k1speed.com

Gokar diciptakan pertama kali pada tahun 1956 oleh Art Ingels, yang pada saat itu bekerja di perusahaan bidang desain dan produksi mobil balap Kurtis Kraft di Glendale, California, Amerika Serikat. Ingels yang pada saat itu ditemani oleh kerabatnya, Lou Borelli, memiliki ide untuk membuat sebuah kendaraan balap mini berkapasitas satu orang yang dapat dinikmati semua usia dan berbagai kalangan.

Mesin yang digunakan pada mobil balap mini tersebut adalah mesin pemotong rumput West Bend 750 yang ditanamkan di atas sasis tubular sederhana dan dikombinasikan dengan ban semi-pneumatik. Walaupun sebenernya gokar ini tidak memiliki nama, namun di kalangan pecinta kart dikenal sebagai Kart No.1 atau The West Bend. 

Sejarah Gokar, Berawal dari Mesin Pemotong RumputSource: pexels.com

Kecepatan gokar sangat bervariasi dan beberapa dapat mencapai kecepatan melebihi 260 km/jam, yang disebut dengan Superkart. Sementara gokar yang dimaksudkan untuk masyarakat umum di taman hiburan mungkin terbatas pada kecepatan yang tidak lebih dari 24 km/jam.

Seiring berjalannya waktu mulai banyak yang memproduksi mobil balap mini tersebut. Bahkan si penemu kart, Art Ingels, juga mendirikan bisnis produksi kart-nya sendiri bersama temannya yaitu Ingels & Borelli Kart Co. Ini menjadi produsen kart pertama di dunia yang dijual dengan nama "Caretta" yang menjadi cikal bakal kart enduro saat ini yang digunakan dalam kompetisi.

Sejarah Gokar, Berawal dari Mesin Pemotong RumputSource: pexels.com

Saat ini gokar telah berkembang di berbagai negara, dan berkembang dengan pesat di benua Eropa. Sementara di Indonesia sendiri, gokar dikenalkan pertama kali oleh Hengky Iriawan pada tahun 1967. Beberapa mahasiswa ITB (Institut Teknologi Bandung) Jurusan Mesin juga ikut andil dalam pembuatan mesin gokar tersebut, antara lain Ir. Basuki Subiyakto, M. Nafi, B. Sunaryo, H. Utama, dan Ir. Wibisarto. Kini penyewaan karting sudah bisa kalian temukan di banyak tempat terutama di kota-kota besar yang ada di Indonesia.

Itulah dia sejarah singkat gokar, mobil balap mini untuk semua kalangan. Apa kalian tertarik untuk mengikuti jejak Art Ingels yang merakit gokartnya sendiri?

You may also like

Leave a comment