Tuesday Apr 23, 2024 15:24
Featured

Mengenal Tingkat Kematangan Daging Steak

Mengenal Tingkat Kematangan Daging Steak

MATA LELAKI - Mungkin beberapa dari kalian sering atau paling tidak pernah mencoba memakan daging steak, yang berasal dari negara Spanyol. Tapi tahukah kalian jika daging steak itu terbagi jadi beberapa tingkat kematangan? Nah, berikut ini adalah 6 tingkat kematangan daging steak yang wajib kalian tahu jika memang kalian hobi makan steak.

1. BLUE

Mengenal Tingkat Kematangan Daging Steak
Source: justgoodmeatomaha

Blue sendiri adalah salah satu masakan Prancis yang bisa dikatakan tingkat kematangannya yang berbeda dari tingkat kematangan yang lainnya. Jenis kematangan yang satu ini juga rupanya beberapa disajikan di restoran Indonesia.

Jika pihak restoran sudah menyediakan daging dengan kematangan yang satu ini, biasanya sudah melalui proses tingkat efisiensi dan higienis yang benar. Untuk pemanggangannya sendiri cukup dengan waktu 1 menit saja dan bahkan dagingnya masih mengandung darah merah di bagian dalam.

2.RARE
Mengenal Tingkat Kematangan Daging Steak

Source: keziefoods

Kalau kalian penikmat steak sejati, jenis kematangan yang satu ini pasti pilihan yang tepat buat kalian.
Tingkat kematangan rare ini berada di sekitar 20% sampai 25%. Proses pemanggangannya sendiri berdurasi 5 sampai 10 menit. Secara fisik, daging ini terdapat sedikit hangus di bagian luar, sedikit kecoklatan di samping, dan merah di bagian tengahnya.

3.MEDIUM RARE
Mengenal Tingkat Kematangan Daging Steak

Source: wallpaperflare

Naik satu tingkat kematangan lagi, kalian bisa mencoba medium rare steak. Tingkat kematangan ini akan membuat kalian merasakan cita rasa daging yang sebenarnya, dengan kelembutan serta juicy yang masih terasa kuat. Tingkat kematangan yang satu ini biasanya yang sering direkomendasi oleh si koki. Untuk mendapatkan tingkat kematangan yang satu ini, daging perlu dipanggang selama 5 menit dan dibalik hingga 4 menit dengan suhu mencapai 55 – 57 derajat Celsius.

Bentuk dan tampilan medium rare ini mirip dengan rare, namun medium rare memiliki warna merah di sekeliling bagian samping dan warna coklat di bagian luar.

4. MEDIUM
Mengenal Tingkat Kematangan Daging Steak

Source: blog.cove.id

Di tingkat ini, bagian daging yang mentah hanya sebesar 40%, dan suhu bagian dalam daging sekitar 60-65 derajat Celcius. Tingkat kematangan ini merupakan standar kelezatan steak di berbagai negara, termasuk Indonesia. Pada tingkat kematangan ini, daging sapi sudah hampir matang, dan menyisakan sekitar 20% daging mentah, dengan suhu bagian dalam daging berkisar antara 68-74 derajat Celcius. Tingkat kematangan ini juga digemari di Indonesia.

5. MEDIUM WELL

Mengenal Tingkat Kematangan Daging Steak
Source: cove.id

Jika kalian tidak menginginkan daging yang terlalu berwarna merah, kalian bisa pilih tingkat kematangan medium well. Meski tekstur si medium well ini agak keras, tapi bagian tengahnya cukup lembut untuk dimakan.

Untuk mendapatkan tingkat kematangan ini, perlu dilakukan pemanggangan selama 7 menit dalam suhu 80% sampai 90% derajat Celcius.

6. WELL DONE
Mengenal Tingkat Kematangan Daging Steak

Source: dictio.id

Terakhir ada tingkat kematangan well done, dengan tingkat kematangan yang sangat matang dibandingkan lainnya. Hal ini terlihat dari warnanya yang sudah cokelat sempurna, dengan tekstur daging padat, keras, dan berserat. Untuk mendapatkan tingkat kematangan ini perlu dilakukan pemanggangan selama 10 sampai 12 menit.

Jadi, mana tingkat kematangan favorit kalian? Mana pun yang menjadi pilihan kalian, yang penting makanan yang kalian makan harus dinikmati dengan sepenuh hati.

You may also like

Leave a comment