Tuesday Apr 23, 2024 15:34
Featured

Manfaat dan Risiko Masturbasi Bagi Wanita

Manfaat dan Risiko Masturbasi Bagi Wanita

MATA LELAKI - Masturbasi adalah kegiatan seksual yang dilakukan orang dewasa atau yang sudah melewati masa pubertas untuk mendapatkan gairah atau kepuasan seksual untuk diri sendiri. Tak hanya pria, wanita juga melakukan kegiatan ini dengan cara menyentuh atau menggosok alat kelaminnya (klitoris) atau area sensitif lainnya.

Melakukan masturbasi sebenarnya aman-aman saja dan dapat memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan. Namun di sisi lain, masih ada juga yang beranggapan buruk dengan aktivitas yang satu ini. Berikut ini adalah dampak positif dan negatif dari masturbasi bagi wanita.

Manfaat dan Risiko Masturbasi Bagi WanitaSource: pexels.com

Manfaat Masturbasi Bagi Wanita

1. Menurunkan Stres

Saat melakukan masturbasi dan mencapai titik orgasme, tubuh akan melepaskan hormon dopamin dan endorfin yang bisa menimbulkan perasaan senang, nyaman, dan rileks. Hal tersebut bukan hanya didapatkan pada saat masturbasi saja, melainkan juga pada saat berhungan intim.

Tak hanya itu, hal tersebut juga berkaitan dengan pelepasan hormon oksitosin yang memberikan perasaan lebih baik dan perbaikan suasana hati menjadi merasa puas atau senang.

2. Memperbaiki Kualitas Tidur

Rasa cemas dan stres yang dialami seseorang akan mempengaruhi kualitas tidur yang menyebabkan terjadinya insomnia. Beberapa orang melakukan masturbasi untuk alasan agar mudah mengantuk. Pada saat melakukan masturbasi dan mencapai orgasme tubuh akan menjadi lebih rileks sehingga menjadi mudah mengantuk. Hal tersebut didapatkan dari hormon oksitosin dan endorfin yang dilepaskan saat mencapai orgasme.

Manfaat dan Risiko Masturbasi Bagi WanitaSource: pexels.com

3. Membuat Kulit Menjadi Lebih Sehat

Dikutip dari Halodoc, 'sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Michigan pada 2009, mengatakan bahwa orgasme yang dilakukan saat masturbasi maupun hubungan intim bisa meningkatkan produksi hormon estrogen'. 

Hormon estrogen yang terpenuhi dengan baik mampu mencegah tanda-tanda penuan dini. Tak hanya itu, pemenuhan kebutuhan estrogen juga bisa mencegah penurunan kadar kolagen dalam tubuh yang membuat kulit akan menjadi lebih kencang dan cerah.

Risiko Masturbasi

Walaupun risiko yang didapat tidak menyebabkan kerugian pada fisik, tetapi efek negatif yang diberikan mampu mempengaruhi psikologis jika dilakukan terlalu sering. Adapun efek samping dari masturbasi bagi wanita adalah sebagai berikut.

Manfaat dan Risiko Masturbasi Bagi WanitaSource: pexels.com

1. Rasa Bersalah

Bagi sebagian orang melakukan masturbasi merupakan hal yang buruk, dan hal itu membuat orang yang masturbasi akan merasakan perasaan menyesal dan bersalah akibat tekanan tersebut.

Masturbasi adalah aktivitas seksual yang normal dan alami untuk dilakukan, tetapi beberapa kelompok masyarakat masih menganggap kegiatan ini tidak boleh dilakukan apalagi oleh wanita.

Segera lakukan penanganan dengan psikolog jika perasaan menyesal dan bersalah sudah mengganggu kehidupan sehari-hari kalian.

2. Kecanduan

Melakukan masturbasi sesekali untuk melepas hasrat seksual adalah hal yang normal dilakukan. Namun, masturbasi terkadang bisa menimbulkan ketergantungan atau adiksi.

Seseorang yang mengalami kecanduan masturbasi akan kesulitan atau bahkan tidak bisa berhenti melakukannya setiap hari sehingga mengganggu aktivitas dan interaksi dengan orang lain.

Untuk mencegah kebiasaan ini menjadi ketergantungan, kalian bisa mengalihkannya dengan kegiatan lain seperti olahraga, membaca buku, atau menghabiskan waktu bersama kerabat.

Itulah manfaat dan dampak negatif yang didapat jika terlalu sering melakukan masturbasi.

You may also like

Leave a comment