Tuesday May 07, 2024 17:42
Featured

Seni Tato Suku Dayak, Tradisi dari Nenek Moyang

Seni Tato Suku Dayak, Tradisi dari Nenek Moyang

MATA LELAKI - Tato adalah lukisan tubuh yang dibuat secara sengaja dan permanen sebagai bentuk seni maupun budaya. Namun tahukah kalian, jika ternyata seni tato ini ada yang berkaitan dengan budaya di Indonesia? Seperti salah satu suku yang ada di Indonesia, Suku Dayak Iban yang terkenal dengan seni tato di tubuhnya.

Seni Tato Suku Dayak, Tradisi dari Nenek MoyangSource : regional.kompas.com

Budaya tato Suku Dayak diduga berasal dari daerah daratan Asia (Tiongkok Selatan) yang menjadi daerah asal nenek moyang Suku Dayak. Iban termasuk salah satu subsuku Dayak yang mengembangkan budaya tato, yang biasa mereka menyebutnya sebagai 'uker' atau 'pantang'.

Masyarakat Suku Dayak Iban diperkirakan mengenal tato sejak tahun 1500 SM-500 SM yang dianggap sebagai tradisi, religi dan simbolisasi dari cara hidup mereka. Selain itu tato juga dianggap sebagai simbol keberanian saat perang, yang juga digunakan sebagai tanda pengenal atau identitas pemakainya.

Seni Tato Suku Dayak, Tradisi dari Nenek MoyangSource : phinemo.com

Tato dalam Suku Dayak Iban juga dianggap sakral dan bermakna spiritual, yang diyakini jika pemilik tato itu meninggal maka warna pada tato itu berubah menjadi keemasan, yang akan menjadi penuntun atau penerang untuk menemukan jalan ke surga.

Seni Tato Suku Dayak, Tradisi dari Nenek MoyangSource : wilbeblogger.com

Motif yang digunakan Dayak Iban biasanya bernuansa natural seperti bentuk tumbuhan (bunga terung, bunga jantung, buah andu, dan buah tengkawang/ngkabang) ataupun hewan yang ada di alam seperti ketam, ketam itit, remaung, kala, gerama, naba, dan burung lang. Selain itu terdapat juga motif khas Suku Iban seperti uker degok, pantang pah, pala tumpa, dan kelingai.

Bagaimana menurut kalian? Apakah motif tato dari Suku Iban ini terlihat keren?

You may also like

Leave a comment