Tuesday Apr 23, 2024 16:01
Featured

Jas dan Blazer, Kembar Tidak Identik

Jas dan Blazer, Kembar Tidak Identik

MATA LELAKI - Ketika ingin menghadiri acara formal, mungkin kalian sering kali merasa kebingungan antara memilih menggunakan jas atau blazer. Tak berhenti di situ, kebingungan juga masih berlanjut untuk membedakan dua jenis pakaian tersebut. Secara tidak langsung jas dan blazer memang kelihatan sangat mirip, tapi ternyata keduanya memiliki beberapa perbedaan. Apa saja perbedaannya? Simak pembahasannya berikut ini.

1. Bahan

Jas dan Blazer, Kembar Tidak IdentikSource: pexels.com

Biasanya jas menggunakan bahan dasar wol, sehingga hasil akhirnya menjadi kaku dan terlihat lebih mahal. Berbeda dengan blazer yang tipis, lembut, dan lemas, serta tidak ada bahan khusus untuk membuatnya. Warna yang digunakan untuk jas juga kebanyakan dari warna netral polos, seperti hitam, putih, dan abu-abu. Sedangkan blazer memiliki beberapa variasi warna dan motif seperti kotak-kotak dan garis.

2. Jahitan

Jas dan Blazer, Kembar Tidak IdentikSource: pexels.com

Perbedaan selanjutnya antara jas dan blazer adalah dari kualitas jahitannya. Biasanya para penjahit jas mengukur langsung tubuh si pembeli, agar mendapatkan ukuran yang pas. Jas dibuat dengan jahitan yang berlapis tiga dan kebanyakan masih menggunakan mesin jahit tradisional. Sementara blazer hanya memiliki satu lapis jahitan dan dapat dibuat dengan mesin jahit industri. Jas juga menggunakan furing pada setiap sisi tubuh dan lengan bagian dalam, yang tidak digunakan oleh blazer.

3. Lengan

Jas dan Blazer, Kembar Tidak IdentikSource: pexels.com

Lengan pada jas memiliki dua garis sambungan di sisi dalam dan luar, yang juga terdapat kancing manset di ujung lengan. Sementara blazer hanya memiliki satu sambungan pada bagian dalam, dan tidak menjadi keharusan untuk menambahkan kancing pada ujung lengan.

4. Fungsi

Jas dan Blazer, Kembar Tidak IdentikSource: pexels.com

Pada umumnya jas dibuat sepasang dengan celananya yang serasi dan digunakan untuk acara formal seperti bisnis, pernikahan, perkantoran, dan lain sebagainya. Hal itu berbeda dengan blazer yang tidak memiliki celana khusus, sehingga kalian bisa mengkombinasikan blazer dengan celana apapun sesuai dengan selera dan tujuan kalian.

Itulah perbedaan dari jas dan blazer dari beberapa aspek. Jadi, kalian lebih suka memakai jas atau blazer untuk menghadiri acara formal?

You may also like

Leave a comment