Tuesday Jun 25, 2024 06:45
Featured

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Jenis-jenis Sepatu Formal

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Jenis-jenis Sepatu Formal

MATA LELAKI Gaya formal biasanya dipakai saat menghadiri acara resmi, atau memang dipakai untuk para pekerja kantoran agar terlihat rapi dan lebih berwibawa. Selain baju dan celana, sepatu juga menjadi hal yang wajib diperhatikan dalam berpakaian.

Tahukah kalian, kalau ternyata sepatu formal memiliki beberapa jenis, meski sekilas terlihat sama? Lalu, bagaimana cara membedakan sepatu formal tersebut? Berikut ini adalah jenis-jenis dari sepatu formal yang perlu kalian ketahui.

1. Oxford

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Jenis-jenis Sepatu FormalSource: pexels.com

Sepatu yang satu ini menjadi salah satu pilihan favorit para pengguna pakaian formal. Berbahan kulit dan memiliki punggung kaki rendah, sepatu yang satu ini juga dikenal dengan nama Balmorals. Sepatu ini memiliki ciri khas yang menonjol pada bagian tali yang tertutup rapat, sehingga membuat bagian lidah sepatu tidak terlihat.

Sepatu ini memiliki fitur Cap Toe, seperti lempengan keras yang terletak di bagian ujung sepatu untuk melindungi jari-jari kaki dari risiko terjepit atau tertimpa obyek berat. Jenis sepatu ini akan terlihat lebih formal apabila bentuk sepatunya semakin ramping.

2. Brogues atau Wingtips

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Jenis-jenis Sepatu FormalSource: pexels.com

Pada dasarnya sepatu yang satu ini bisa memiliki banyak jenis, mulai dari Oxford dan juga jenis sepatu formal lainnya. Yang membuatnya terlihat berbeda adalah fitur dekoratif lubang-lubang kecil dan bergerigi pada bagian atasnya.

Tidak hanya memiliki fitur dekoratif, sepatu ini juga memiliki fitur Cap Toe, yang disematkan pada bagian depan serupa sayap yang dikenal dengan sebagai wingtip. Bentuk dari wingtip ini juga beragam, ada full wingtip, semi wingtip, quarter dan long wing. Perlu diketahui jika ukiran dan hiasannya makin banyak, maka tingkat formal pada sepatu ini justru akan berkurang.

3. Derby

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Jenis-jenis Sepatu FormalSource: pexels.com

Bentuk dari sepatu Derby ini terlihat sangat mirip dengan Oxford. Yang membedakan kedua sepatu ini adalah Derby meggunakan fitur flap yang membuat bagian lace atau tali dijahit di luar sepatu, sehingga ada dua lapisan kulit yang terbuka memperlihatkan bagian lidah sepatu.

Derby memiliki banyak varian warna dengan gaya yang beragam, yang membuatnya terlihat lebih kasual daripada Oxford. Itulah kenapa sepatu ini kurang cocok untuk acara yang sangat resmi, dan lebih cocok digunakan dengan nuansa kasual.

4. Loafers

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Jenis-jenis Sepatu FormalSource: pixabay.com

Loafer adalah sepatu slip on yang tidak menggunakan tali ataupun gesper, sehingga kalian bisa memasukkan kaki langsung tanpa repot mengikat tali. Memiliki kesan formal sporty, namun sepatu ini juga cocok digunakan di acara santai yang tidak terlalu formal. Tetapi jika kalian ingin menggunakannya untuk acara formal, pilihlah desain yang ramping, simpel dan berwarna gelap, karena beberapa dari Loafers memiliki hiasan pada bagian atasnya.

5. Monk Straps

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Jenis-jenis Sepatu FormalSource: obermain.co.id

Memiliki kesamaan dengan Loafers yang tidak memiliki tali, Monk Straps menggunakan cover penutup yang dilengkapi dengan strap dan gesper logam pada bagian atasnya. Gesper yang disematkan tidak hanya satu, karena ada beberapa yang bahkan menggunakan dua sampai tiga gesper.

6. Dress Boots

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Jenis-jenis Sepatu FormalSource: zara.com

Buat kalian yang mengendarai sepeda motor tapi harus tetap berpakaian formal, sepatu ini bisa menggabungkan kedua hal tesebut. Desain sepatu ini sebenarnya untuk semi formal atau acara yang lebih santai, tapi masih bisa menyesuaikan tergantung pakaian yang digunakan. Kalian bisa mengkombinasikan sepatu ini dengan denim atau celana bahan, dan menggunakan jas kasual.

Nah, kini kalian sudah bisa membedakan antara jenis-jenis sepatu formal, sehingga kalian bisa menggunakan sepatu formal tersebut di momen yang tepat tanpa ada kesalahan.

You may also like

Leave a comment