Wednesday May 01, 2024 19:45
Featured

Cara Ampuh Kurangi Polusi Udara

Cara Ampuh Kurangi Polusi Udara

MATA LELAKI - Berbicara polusi udara, akhir-akhir ini negara kita Indonesia, terutama kota Jakarta, menduduki peringkat pertama sebagai kota dengan tingkat polusi udara tertinggi di dunia. Wajar saja, mengingat warga masih banyak yang suka membakar sampah, atau masih membawa kendaraan bermotor.

Agar polusi udara bisa berkurang, ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan. Apa saja? Simak pembahasannya di bawah ini.

1. Beralih ke Transportasi Umum

Cara Ampuh Kurangi Polusi UdaraSource: kompas.id

Kendaraan bermotor ternyata dapat menghasilkan energi gas buang yang cukup berbahaya. Karena itulah, kita sering diimbau untuk lebih sering menggunakan alat transportasi umum seperti bus, kereta atau sepeda. Jika jarak yang dituju dekat atau tidak terlalu jauh, kalian juga bisa berjalan kaki menuju tempat tujuan kalian. Selain bisa mengurangi polusi, jalan kaki juga bisa menyehatkan tubuh kalian.

2. Hindari Membakar Sampah

Cara Ampuh Kurangi Polusi UdaraSource: koalisibebastar.com

Banyak oknum yang tidak menyadari bahwa kebiasaan sederhana seperti membakar sampah di tempat yang terbuka tanpa pengawasan, merupakan salah satu penyumbang tertinggi polusi udara. Padahal lebih dari 40 persen pembakaran sampah di seluruh dunia memberikan kontribusi yang cukup besar pada perubahan iklim.

Ditambah lagi hasil pembakaran sampah dapat menimbulkan bagi kesehatan tubuh, dikarenakan asapnya yang beracun. Dampak dari membakar sampah ini dapat berpengaruh pada saluran pernapasan dan gangguan jantung hingga paru-paru.

3. Hindari Penggunaan Kantong Plastik

Cara Ampuh Kurangi Polusi UdaraSource: jnews.co.id

Pemakaian kantong plastik bisa juga berbahaya bagi lingkungan. Apalagi plastik membutuhkan waktu yang cukup lama agar bisa terurai, karena materialnya terbuat dari minyak. Apabila kalian harus menggunakan kemasan sekali pakai, pilihlah kantong kertas yang lebih mudah terurai dalam tanah.
Akan lebih sangat baik lagi jika kalian menggunakan kantong lipat, atau tas berbahan kain yang bisa digunakan terus-menerus.

4. Menanam Pohon

Cara Ampuh Kurangi Polusi UdaraSource: artikeldetail

Pohon mempunyai kemampuan alami menyaring polusi udara, Selama proses fotosintesis, pohon menyerap karbondioksida (CO2) dari udara dan menghasilkan oksigen. Proses ini amat sangat membantu mengurangi emisi CO2 dan menghasilkan udara yang lebih segar dan bersih. Selain itu pohon juga mampu menyerap zat-zat kimia berbahaya seperti nitrogen dioksida (NO2).

5. Menggunakan Bahan Bakar Ramah Lingkungan

Cara Ampuh Kurangi Polusi UdaraSource: pinterest.com

Kendaraan bermotor adalah salah satu sumber utama emisi gas yang dapat mencemari udara, apalagi jika jumlah kendaraan bermotor semakin banyak. Belum lagi asap knalpot dari kendaraan yang sudah tidak layak pakai. Untuk menanganinya, cobalah kalian beralih ke kendaraan listrik. Kini sudah banyak produsen kendaraan listrik yang bisa kalian gunakan, mulai dari sepeda listrik, hingga mobil listrik.

Itulah beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk mengurangi polusi udara di negeri tercinta ini. Semoga polusi udara bisa semakin berkurang, bahkan hilang di waktu-waktu yang akan datang.

You may also like

Leave a comment