Thursday May 02, 2024 21:50
Featured

Kebiasaan Malam Hari Ini Bisa Bikin Perut Buncit

Kebiasaan Malam Hari Ini Bisa Bikin Perut Buncit

MATA LELAKI - Mungkin kalian sering dengar pernyataan bahwa makan berat pada malam hari bisa membuat berat badan jadi naik. Sering makan terlalu malam atau berdekatan dengan waktu tidur memang dapat berdampak pada kenaikan berat badan. Hal tersebut bisa mengacaukan proses metabolisme yang mengakibatkan perut menjadi buncit, apalagi jika mengkonsumsi makanan dengan porsi besar.

Kebiasaan pada malam hari yang dapat menyebabkan terjadinya perut buncit tidak hanya jadwal makan yang berdekatan dengan waktu tidur saja. Terdapat beberapa kebiasaan yang menjadi penunjang naiknya berat badan jika dilakukan pada malam hari. Apa saja kebiasaan tersebut? Simak bahasan berikut.

Kebiasaan Malam Hari Ini Bisa Bikin Perut BuncitSource: pexels.com

1. Terlalu fokus menjelajah media sosial

Kebiasaan menjelajah media sosial sesaat sebelum tidur menjadi hal yang sulit untuk dilepaskan. Rasa takut untuk tertinggal konten viral atau sekadar iseng untuk mengehabiskan waktu malah jadi kelewatan. Belum lagi cahaya biru yang dipancarkan dari ponsel dapat menekan melatonin dan mengganggu ritme sirkadian. Hal ini tentu dapat membuat tidur menjadi tidak nyenyak dan menjadi pemicu kenaikan berat badan.

Kurang tidur membuat tubuh kesulitan untuk menjaga metabolismenya serta membuat seseorang jadi mudah lapar dan tergiur untuk mengonsumsi makanan manis.

Kebiasaan Malam Hari Ini Bisa Bikin Perut BuncitSource: pexels.com

2. Minum kopi Sebelum Tidur

Minum kopi berdekatan dengan waktu tidur tentu dapat membuat tidur terganggu dan terjaga pada malam hari. Hal ini dikarenakan kandungan kafein yang ada pada kopi akan mengganggu proses tidur jika dikonsumsi enam jam sebelum tidur. 

3. Bermalas-malasan setelah makan

Rasa kenyang membuat tubuh merasa lelah dan menimbulkan rasa ingin bermalas-malasan tepat setelah makan malam. Kebiasaan ini tentu sangat tidak disarankan karena justru bisa menimbulkan perut buncit. Kalian bisa melakukan aktivitas ringan seperti berjalan santai setelah makan atau aktivitas menggerakkan tubuh lainnya.

Kebiasaan Malam Hari Ini Bisa Bikin Perut BuncitSource: pexels.com

4. Minum susu sebelum tidur

Minum susu tepat sebelum jam tidur dipercaya dapat membuat tubuh menjadi rileks dan tidur menjadi berkualitas. Hal tersebut membuat banyak orang yang terbiasa untuk melakukan kebiasaan tersebut sebelum beranjak ke atas ranjang.

Namun, ternyata minum susu sebelum tidur juga dapat menimbulkan masalah baru bagi kenaikan berat badan. Dikutip dari Eat This Not That, konsumsi 350 mililiter susu saja dapat menambah 5,4 kilogram dalam beberapa bulan ke depan.

Itulah kebiasaan yang bisa kalian lewatkan di malam hari agar terhindar dari perut buncit atau masalah kenaikan berat badan. 

You may also like

Leave a comment