Tuesday Apr 23, 2024 14:35
Featured

Kopi Biji Kurma, Minuman Penuh Manfaat

Kopi Biji Kurma, Minuman Penuh Manfaat

MATA LELAKI - Kurma merupakan buah yang menjadi ikon di bulan Ramadan. Bisa dibilang, bulan Ramadan tak akan lengkap tanpa kehadiran buah kurma. Selain rasanya yang nikmat, buah yang satu ini memiliki segudang manfaat yang sudah tidak diragukan lagi. Tak hanya buahnya, masih banyak orang yang tidak mengetahui bahwa biji buah kurma ternyata juga memiliki banyak manfaat, salah satunya menjadi olahan minuman.

Kopi Biji Kurma, Minuman Penuh ManfaatSource: pexels.com

Olahan minuman biji kurma tersebut biasanya disebut dengan kopi biji kurma, hal ini karena cara penyeduhan dan bentuknya mirip dengan kopi. Buat kalian yang ingin mencoba membuat olahan minuman dari biji kurma tersebut, kalian bisa mengikuti cara berikut.

  • Bersihkan biji kurma dengan menggunakan sikat hingga bersih.
  • Jemur biji kurma selama kurang lebih dua hari, dan pastikan sampai benar benar kering.
  • Sangrai biji kurma yang telah dikeringkan menggunakan wajan hingga berwarna kehitaman dan harum.
  • Tumbuk biji kurma yang telah disangrai hingga halus.

Kopi Biji Kurma, Minuman Penuh ManfaatSource: pexels.com

Adapun manfaat dari biji buah kurma antara lain sebagai berikut:

1. Baik untuk Jantung

Sebuah studi menemukan, biji kurma mengandung asam oleat, serat, dan polifenol yang dikaitkan dengan kesehatan jantung. Tak hanya itu, biji kurma juga mengandung senyawa antioksidan yang dapat membantu menetralkan radikal bebas dalam tubuh, mengurangi stres oksidatif, serta berkontribusi dalam menekan risiko penyakit kardiovaskular.

2. Diabetes

Minuman olahan biji kurma tersebut juga diketahui dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Bahan aktif yang terdapat dalam biji kurma dapat meningkatkan fungsi sel penghasil insulin di pankreas. Kemampuan ini berpotensi dapat membantu tubuh dalam mengontrol kadar gula darah, utamanya pada pasien diabetes.

Kopi Biji Kurma, Minuman Penuh ManfaatSource: pexels.com

3. Bebas Kafein

Bagi kalian yang mencoba untuk mengurangi konsumsi kafein harian, kalian bisa mencoba kopi biji kurma sebagai alternatif kopi yang aman dan bebas kafein. Seperti yang kita tahu, mengonsumsi kafein berlebih bisa memicu masalah pencernaan, efek dada berdebar yang datang secara tiba-tiba dan efek samping lainnya.

Itulah tips cara membuat olahan kopi biji kurma dan beberapa manfaatnya. Tertarik untuk mencoba?

You may also like

Leave a comment