Friday Mar 01, 2024 13:46
Featured

Karnaval Venesia, Pesta Topeng Ikonik di Italia

Karnaval Venesia, Pesta Topeng Ikonik di Italia

MATA LELAKI - Karnaval Venesia merupakan festival yang rutin diadakan setiap tahunnya di kota Venesia, Italia. Ciri khas dari karnaval ini adalah Topeng Venesia yang terbuat dari kulit atau akrilik, beberapa jenis topeng yang dikenal antara lain Bauta dan Volto atau Larva.

Karnaval Venesia, Pesta Topeng Ikonik di ItaliaSource: pexels.com

Memahami asal-usul Karnaval Venesia bukanlah tugas yang mudah. Selama berabad-abad, festival yang khas dengan pesta topeng ini masih menyisakan misteri soal asal-usulnya. Memang, tidak ada ahli yang berhasil memastikan sejarah festival paling ikonik di kota Venesia ini. Meskipun demikian, asal-usul Karnaval Venesia dapat ditelusuri kembali ke Venesia abad ke-11.

Pada saat itu, warga Venesia akan merayakan akhir musim dingin dengan pesta jalanan yang dikenal sebagai "Carnevale di Venezia." Festival ini merupakan waktu bagi orang-orang untuk bersenang-senang sebelum musim Prapaskah, sebuah perayaan Kristen sebelum Paskah untuk memperingati 40 hari Yesus Kristus berpuasa.

Karnaval Venesia, Pesta Topeng Ikonik di ItaliaSource: pexels.com

Seiring berjalannya waktu, festival ini menjadi semakin rumit dan canggih. Para bangsawan Venesia mulai berpartisipasi dalam perayaan ini, dan pesta topeng menjadi cara yang populer untuk merayakannya.

Mengenakan topeng selama Karnaval memungkinkan orang untuk melepaskan hambatan dan batasan sosial mereka. Karena anonimitas yang diberikan oleh topeng memungkinkan orang untuk bergaul dengan orang lain dari kelas sosial yang berbeda dan terlibat dalam perilaku yang tidak disukai.

Karnaval Venesia, Pesta Topeng Ikonik di ItaliaSource: pexels.com

Untuk memeriahkan Karnaval Venesia, seluruh masyarakat baik warga lokal maupun wisatawan akan berpesta di sekitar kanal dengan menikmati sajian makanan maupun minuman. Mereka juga akan mengenakan topeng dan pakaian sesuai dengan tokoh yang mereka ingin bawakan. 

Banyak yang mengira bahwa Karnaval Venesia mirip dengan acara Halloween. Padahal jika ditelusuri lebih dalam keduanya memiliki tujuannya tersendiri. Ketika Halloween, orang-orang berusaha menjadi sebuah karakter yang mereka inginkan. Sedangkan Karnaval Venesia memberikan kebebasan, baik menjadi sosok tertentu atau memilih anonim alias tanpa identitas.

Kalau kalian sendiri, pernahkah melihat festival topeng ini secara langsung?

You may also like

Leave a comment