Friday Mar 01, 2024 13:32
Featured

Sushi, Aslinya Bukan Asal Jepang?

Sushi, Aslinya Bukan Asal Jepang?

MATALELAKI - Sushi, siapa di antara kalian yang suka dengan makan yang satu ini? Sushi merupakan makan yang banyak diminati hingga saat ini. Penyajiannya yang unik dan rasanya yang lezat membuat banyak orang menggemari hidangan tersebut.

Sushi, Aslinya Bukan Asal Jepang?Source: pexels.com

Makanan yang kita ketahui dari Negeri Sakura itu ternyata awalnya berasal dari negara Asia Tenggara. Mengutip dari Newsd, sushi awalnya berasal dari metode pengawetan ikan dari daerah Asia Tenggara yang kemudian menyebar ke Tiongkok, lalu ke Jepang. Metode pengawetan ikan ini dinamakan narezushi. Narezushi merupakan cara mengawetkan ikan dengan cara menaruh ikan di atas nasi asin, kemudian dibungkus dengan daun.

Di Jepang sendiri sushi modern muncul pada zaman Edo, yaitu sekitar tahun 1600-1800. Pada saat itu ikan dan sayur diletakkan di atas nasi dengan ukuran cukup besar, sebesar onigiri. Asal usul kata sushi adalah kata sifat untuk rasa masam yang ditulis dengan huruf kanji.

Sushi, Aslinya Bukan Asal Jepang?Source: pexels.com

Menurut sejarah, sushi merupakan makanan orang-orang kalangan atas yang sangat mahal. Sampai tahun 1970-an, sushi masih merupakan makanan mewah. Rakyat biasa di Jepang hanya makan sushi untuk merayakan acara-acara khusus dan terbatas.

Dalam manga atau komik Jepang, sering digambarkan pegawai kantor yang pulang tengah malam ke rumah dalam keadaan mabuk. Oleh-oleh yang dibawa untuk menyogok istri yang menunggu di rumah adalah sushi, karena harganya yang mahal.

Sementara itu rumah makan sushi di Jepang pertama kali dibuka di Osaka, sejak tahun 1958. Namun, penyebarannya ke daerah-daerah lain di Jepang memakan waktu lama.

Sushi, Aslinya Bukan Asal Jepang?Source: pexels.com

Di Indonesia sendiri sushi masuk pada tahun 1969, tepatnya di restoran Jepang yang ada di Jakarta bernama Kikugawa. Pemiliknya, Kikuchi Surutake, merupakan seorang mantan prajurit jepang yang memutuskan untuk menetap di Indonesia setelah Perang Dunia II berakhir. 

Bersama sang istri, Kikuchi mendirikan restoran Kikugawa ini yang bisa dibilang jauh dari kesan mewah dan modern. Namun restoran ini sangat terkenal dengan sajian khas Jepang yang autentik dan klasik, bahkan mampu bertahan selama 52 tahun hingga sekarang.

Jadi, sushi jenis mana yang menjadi makanan favorit kalian?

You may also like

Leave a comment