Friday Mar 01, 2024 14:06
Featured

Sejarah dan Perkembangan Ice Skating

Sejarah dan Perkembangan Ice Skating

MATA LELAKI - Melakukan olahraga di atas lapisan es mungkin menjadi dambaan masyarakat Indonesia. Alasannya jelas karena di negara kita tidak terdapat musim salju untuk melakukan kegiatan tersebut. Namun tidak usah khawatir, karena kini kalian bisa meluncur di atas es dengan olahraga Ice Skating.

Ice Skating merupakan kegiatan meluncur di atas es dengan menggunakan sepatu khusus seluncur, dimana terdapat sebilah pisau baja yang tajam dipasang pada bagian dasar sepatu agar sepatu bisa meluncur di permukaan es.

Sejarah dan Perkembangan Ice SkatingSource: pexels.com

Olahraga seluncur es (ice skating) mulai ditemukan pada abad ke-10 di negeri Belanda. Istilah seluncur es ini berasal dari kata ice skating atau skate yang berasal dari bahasa Jerman Kuno schake, yang berarti tulang kering.

Pada awalnya, alat untuk meluncur dibuat dari tulang kaki hewan besar seperti tulang rusa kutub atau tulang kuda yang diikat di bawah sepatu kulit. Barulah sekitar abad ke-14, orang Belanda mulai memakai sepatu seluncur kayu dengan dasar sepatu terbuat dari besi yang dipertajam di bagian bawahnya.

Sejarah dan Perkembangan Ice SkatingSource: pexels.com

Klub seluncur pertama kali dibentuk di kota Edinburg pada tahun 1742. Salah satu pelopor seluncur es modern adalah Jackson Haines yang pada tahun 1964 memenangkan kejuaraan di New York.

Haines merupakan seorang atlet seluncur pertama yang terkenal karena menambahkan gerakan tarian dalam meluncur. Gaya tarian menyatukan teknik yang ekspresif dan gaya bebas, kemudian dikenal menjadi gaya internasional.

Di Indonesia sendiri olahraga ini sudah mulai berkembang sejak tahun 1990-an. Terdapat beberapa mal atau pusat perbelanjaan yang menyediakan wahana seluncur dengan lapisan es buatan yang terbuka untuk umum dengan standar internasional. Selain itu mereka juga menyediakan penyewaan alat seperti sepatu, sarung tangan, dan aksesoris lainnya.

Sejarah dan Perkembangan Ice SkatingSource: pexels.com

Di sini kalian bisa belajar meluncur dan bersenang-senang di atas es. Namun jika kalian ingin olahraga ini secara profesional, terdapat beberapa peraturan dalam pertandingan, antara lain sebagai berikut.

  • Harus menggunakan kostum yang telah ditentukan.
  • Tidak menggunakan kostum yang terlalu mencolok atau kebanyakan aksesoris.
  • Tidak boleh ada musik dalam pertandingan.
  • Gerakan termasuk lompatan dan spiral di udara, putaran di atas es dan sejumlah urutan langkah yang berbeda.
  • Harus menggunkan sepatu khusus yang dirancang dengan bilah baja tebal pada bagian dasarnya dan lekukan bergerigi di bagian depan yang dikenal sebagai toe picks.
  • Dinilai menurut Sistem Penjurian ISU (International Skating Union) oleh panel juri (biasanya sembilan juri termasuk inspektur teknis, dan juga wasit).
  • Semakin banyak manuver yang dilakukan akan mendapat skor tertinggi jika dilakukan dengan benar.

Itulah sejarah olahraga ice skating dan beberapa peraturannya. Apakah kalian tertarik untuk melakukan olahraga seluncur es ini?

You may also like

Leave a comment