Wednesday May 29, 2024 13:21
Featured

Lakukan Ini Agar Bebas Bau Mulut

Lakukan Ini Agar Bebas Bau Mulut

MATA LELAKI - Bau mulut kerap kali membuat seseorang kehilangan percaya diri ketika sedang berbicara dengan orang lain. Kondisi seperti ini tentu bisa dialami siapa saja. Lantas bagaimana cara menghilangkan bau mulut tidak sedap?

Lakukan Ini Agar Bebas Bau MulutSource: pexels.com

Yang pertama kalian perlu mengetahui darimana sumber bau mulut tersebut. Seperti yang kita ketahui terdapat beberapa faktor penyebab bau mulut antara lain:

  • Mengonsumsi makanan tertentu yang meninggalkan bau seperti bawang, petai, jengkol, durian
  • Terlalu sering merokok
  • Mengonsumsi minuman beralkohol, kafein seperti kopi dan teh, atau minuman manis yang tinggi gula
  • Jarang membersihkan gigi saat menggunakan gigi palsu atau menggunakan kawat gigi
  • Menderita gigi berlubang
  • Terdapat penumpukan karang gigi
  • Tidak menyikat gigi secara rutin
  • Mulut kering karena pengaruh dehidrasi
  • Menderita infeksi mulut seperti sariawan atau penyakit gusi
  • Penyakit gerd, asam lambung, ginjal, sinusitis, diabetes, atau kanker

Adapun cara menghilangkan bau mulut yang bisa kalian lakukan, adalah sebagai berikut:

Lakukan Ini Agar Bebas Bau MulutSource: pexels.com

1. Rutin Sikat Gigi

Normalnya menyikat gigi baik dilakukan dua kali sehari, di pagi hari sebelum memulai aktivitas dan malam hari sebelum tidur. Pilihlah pasta gigi yang mengandung antibakteri dan gunakan sikat gigi dengan kualitas yang baik. 

2. Menggosok Lidah

Sisa makanan dan minuman yang dikonsumsi akan meninggalkan kerak dan menumpuk di lidah. Kalian bisa membersihkan lidah kalian dua kali sehari setelah selesai menyikat gigi. Gunakan alat khusus menggosok lidah agar memastikan sisa kotoran dalam mulut benar-benar hilang, dan tidak ada kesempatan bakteri untuk berkembang.

3. Obat Kumur

Menggunakan produk obat kumur setelah menyikat gigi dan menggosok lidah juga dapat menghilangkan bau tidak sedap di mulut. Kandungan yang ada pada produk obat kumur dipercaya ampuh membasmi bakteri di mulut penyebab bau, sekaligus menghilangkan plak dan menjaga gusi dari kerusakan.

Lakukan Ini Agar Bebas Bau MulutSource: pexels.com

4. Rutin Memeriksa Kesehatan Gigi

Memeriksa kesehatan mulut dan gigi secara menyeluruh wajib dilakukan setiap 6 bulan sekali. Kalian bisa melakukan scaling gigi untuk membersihkan plak atau karang gigi yang bersarang mulut kalian. Salah satu penyebab bau mulut terjadi karena karang gigi yang dibiarkan, sehingga menumpuk dan menjadi tempat bakteri berkembang biak.

5. Konsultasi ke Dokter

Masalah bau mulut tidak hanya datang dari gigi berlubang atau mulut yang kotor. Terkadang orang dengan penyakit tertentu seperti sinusitis juga rentan mengalami bau mulut. Hal itu dikarenakan kumpulan lendir yang mengandung bakteri di hidung lalu turun ke tenggorokan.

Sama dengan penderita asam lambung, ginjal, dan diabetes yang juga akan merasakan bau mulut dengan aroma seperti kotoran, sehingga harus dikonsultasikan ke dokter ahli.

Itulah cara menghilangkan bau mulut. Semoga membantu masalah mulut kalian, dan pastikan mulut kalian sehat dan segar.

You may also like

Leave a comment