Wednesday Jul 24, 2024 13:14
Featured

Etika dalam Meminum Soju

Etika dalam Meminum Soju

MATA LELAKI - Pastinya kalian sudah tidak asing lagi mendengar kata soju. Ya, soju merupakan salah satu minuman khas asal Korea Selatan. Mungkin kalian sudah tahu jika ditanya soal soju, tapi bisa jadi kalian tidak banyak tahu tentang etika dalam meminum soju.

Etika dalam Meminum Soju
Source: idntimes.com

Soju sendiri dibuat pada sekitar tahun 1300, saat zaman perang Mongol dan Korea. Pada saat itu soju dibuat di kota-kota Mongol seperti Andong, Kaesong, dan Jeju. Setelah teknik pembuatan diketahui banyak orang, soju sedikit demi sedikit mulai dikenal oleh beberapa rakyat biasa. Pabrik soju mulai didirikan pada abad ke-20. Soju lalu menjadi minuman rakyat yang dipakai untuk sirup gula hasil impor yang berharga murah dalam proses pembuatan soju.

Etika dalam Meminum Soju
Source: news.cgtn.com

Setelah mengetahui sejarah singkatnya, berikut ini adalah beberapa etika dalam meminum soju yang perlu kalian ketahui.

1. Menghormati yang lebih tua

Etika dalam Meminum Soju

Source: ms.wikipedia.com

Apabila orang yang lebih tua menawarkan soju kepada kalian terlebih dahulu, pastikan kalian memegang gelas dengan kedua tangan kalian dengan berlutut atau memegang tangan kiri kalian ke tangan kanan kalian.

2. Menerima Tawaran Minum Bersama

Etika dalam Meminum Soju
Source: platum.kr.com

Jika kalian diajak untuk minum bersama, sebaiknya kalian terima ajakan tersebut, dan apabila kalian menolak dari ajakan tersebut bagi mereka itu adalah salah satu etika yang tidak baik dan bisa menyinggung sang pengajak. Ajakan untuk minum ini memang biasa terjadi di Korea Selatan, karena hal itu adalah salah satu budaya dari mereka yang sudah dilakukan sejak 1300 tahun yang lalu.

3. Menuangkan Gelas ke Orang Lain

Etika dalam Meminum Soju
Source: pixabay.com

Etika yang satu ini sangat penting untuk kalian lakukan ketika kalian sedang menuangkan gelas ke orang lain. Usahakan jangan menuangkan gelas kepada diri kalian sendiri. Kalian bisa menyisakan minuman dalam gelas bila tidak ingin minum lagi, karena orang lain selain kalian tidak akan menuangkan soju lagi ke gelas kalian

4. Minum Gelas Pertama sekali Teguk

Etika dalam Meminum Soju
Source: Koreaboo.com

Nah, selain poin-poin yang sudah disebutkan di atas, poin yang satu ini juga sangat berpengaruh. Ketika kalian minum di gelas tegukan pertama, usahakan untuk menghabiskan soju dalam gelas kalian. Setelah tegukan pertama sudah dilakukan, untuk tegukan selanjutnya anda tidak perlu minum sampai habis layaknya tegukan pertama. Kalian bisa minum dengan perlahan.

Itulah beberapa etika dalam meminum soju. Apakah kalian sudah tahu akan hal ini?

You may also like

Leave a comment