Wednesday Feb 21, 2024 19:19
Featured

Perilaku Rasisme, Kenapa Bisa Terjadi?

Perilaku Rasisme, Kenapa Bisa Terjadi?

MATA LELAKI - Baru-baru ini pemain sepak bola dari club Real Madrid, yaitu Vini Jr, kembali mengalami perlakuan rasisme dari para penonton pihak lawan. Beberapa pemain bola terkenal seperti Paul Pogba, Gareth Bale, dan yang lainnya menolak hal ini dengan memposting foto untuk membela Vini Jr. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan rasisme? Apa dampak dan bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasan berikut ini.

Rasisme terjadi karena adanya perbedaan perilaku dan ketidaksetaraan yang didasarkan oleh doktrin, perbedaan warna kulit, suku, ras, serta asal-usul seseorang yang menjadikan adanya batasan atau pelanggaran hak serta kebebasan seseorang.

Perilaku Rasisme, Kenapa Bisa Terjadi?Source: pexels.com

Dimensi Rasisme

Rasisme internal mengacu pada pola pikir, perasaan dan tindakan kita sebagai individu yang dilakukan secara sadar dan tidak sadar, seperti mempercayai stigma negatif hingga menyangkal adanya rasisme.

Rasisme interpersonal adalah perbuatan rasis yang dilakukan kepada korbannya, yang bisa mempengaruhi interaksi publik mereka. Misalnya perilaku negatif seperti pelecehan, diskriminasi, dan kata-kata rasis.

Rasisme institusional ada dalam institusi dan sistem politik, ekonomi, atau hukum yang secara langsung atau tidak langsung melanggengkan diskriminasi atas dasar ras.

Rasisme sistemik melibatkan institusi atau entitas berwenang yang menegakkan kebijakan rasis, baik di bidang pendidikan, perawatan kesehatan, perumahan, pemerintah, dan lain-lain.

Perilaku Rasisme, Kenapa Bisa Terjadi?Source: pexels.com

Dampak Rasisme

Rasisme memberikan dampak negatif kepada para korbannya yang berujung pada penyiksaan dan perlakuan buruk. Di beberapa negara konflik rasial, perlakuan buruk dan penyiksaan kerap kali menimpa kelompok yang menjadi target dari perilaku rasis. Bahkan rasisme juga menjadi awal tragedi kelam dan mengerikan dalam sejarah dunia, seperti pembantaian massal kaum Yahudi oleh Nazi.

Rasisme juga dapat menyebabkan terjadinya konflik terbuka. Sebagai contoh para pemimpin politik yang mempertahankan kekuasaannya dengan cara membangkitkan atau memunculkan kebencian terhadap ras tertentu untuk mengumpulkan kekuatan pada pihak mereka.

Perilaku Rasisme, Kenapa Bisa Terjadi?Source: pexels.com

Penanggulangan

Rasisme adalah masalah sosial yang terjadi di banyak negara. Walaupun sulit untuk menghilangkan sifat rasis ini, tapi kalian bisa mengatasinya dengan cara mencari tahu lebih banyak tentang rasisme dan menyebarkan kesadaran tentang bahaya rasisme di lingkungan sosial, seperti tempat tinggal dan pekerjaan.

Berperilaku adil terhadap orang-orang dari seluruh ras yang akan menciptakan kesataraan bagi setiap orang. Dan jika di lingkungan kalian terdapat korban dari rasisme cobalah untuk mendukung dan mendengarkannya.

You may also like

Leave a comment