Sunday Jun 16, 2024 00:57
Featured

Inilah Para Petinju Legendaris Dunia

Inilah Para Petinju Legendaris Dunia

MATA LELAKI - Mungkin beberapa dari kalian ada yang menggemari olahraga tinju dibandingkan olahraga lain yang populer di Indonesia, seperti sepak bola atau badminton. Beberapa juga mungkin hanya mengenal petinju-petinju berbakat zaman sekarang, padahal ada beberapa petinju yang meraih gelar legendaris. Siapa saja mereka? Berikut pembahasannya.

1. Joe Frazier

Inilah Para Petinju Legendaris DuniaSource: Whyy.org

Joe Frazier yang dijuluki sebagai “Smokin Joe“ lahir pada tanggal 12 Januari 1944 di Beaufort, South Carolina, Amerika Serikat. Profesinya di cabang tinju dimulai sebagai atlet amatir. Mantan petinju yang pernah berhasil mengalahkan Muhammad Ali tahun 1970 ini meninggal dunia karena kanker hati.
Joe Frazier didiagnosa menderita kanker hati bulan lalu.

2. George Foreman

Inilah Para Petinju Legendaris DuniaSource: Ringtv.com

Dulunya dikenal sebagai sang perampok, kemudian banting setir menjadi petinju juara dunia kelas berat. George Foreman pernah mengalahkan Michael Moorer dalam pertarungan World Boxing Association (WBA) yang digelar di MGM Grand Hotel, Las Vegas, Amerika Serikat.

Sebelum menghadapi Michael Moorer, Foreman sejatinya sudah absen bertinju selama 17 bulan lebih. Dan dia dipilih untuk menghadapi Moorer karena namanya menjadi salah satu profil terbesar yang tersedia, karena nama besar lainnya seperti Mike Tyson, Tommy Morrison, dan Evander Holyfield sedang bermasalah.

3. Mike Tyson

Inilah Para Petinju Legendaris Dunia
Source: pixabay.com

Mike Tyson merupakan salah satu legenda tinju profesional yang memiliki nama besar dalam dunia tinju modern. Jejak prestasinya masih tersimpan dalam postur badannya yang masih begitu kokoh meskipun usianya sudah senior. Gerakan tangannya juga masih lincah dan kuat.

Dengan nama panggilan Iron Mike, petinju yang lahir pada tanggal 30 Juni 1966 di Brooklyn, New York, Amerika Serikat ini menjadi juara kelas berat termuda dalam sejarah, yaitu pada saat usianya hanya 20 tahun.

Mike Tyson bertanding secara profesional pertama kali pada tanggal 6 Maret 1985 di Albany, New York. Dia menang di ronde pertama. Dia kemudian bertinju 15 kali lagi di 1985, memenangkan semua pertandingan dengan KO, dan hampir semuanya di ronde pertama.

4. Larry Holmes

Inilah Para Petinju Legendaris Dunia

Source: Rondeaktual.com

Larry Holmes adalah salah satu petinju yang pernah membuat jatuh dan K.O Muhammad Ali. Dia mengawali karier tinju profesional pada 21 Maret 1973 kala mengalahkan Rodell Dupree. Sepanjang kariernya, Holmes mencatatkan 69 kemenangan (44 di antaranya K.O) dan hanya mengalami enam kekalahan hingga pensiun pada 2002 silam.

5. Muhammad Ali

Inilah Para Petinju Legendaris DuniaSource: Rondeaktual

Siapa yang tidak mengenal Muhammad Ali? Memiliki nama lahir Cassius Marcellus Clay, dia merupakan salah satu petinju terbaik abad ini.

Pria yang lahir di Kentucky, Amerika Serikat, pada tanggal 17 Januari 1942 ini memiliki julukan “The Greatest” atau yang terhebat di cabang olahraga tinju. Muhammad Ali juga merupakan aktivis yang memperjuangkan hak warga Afrika Amerika saat itu.

Muhammad Ali memulai ketertarikannya terhadap dunia tinju pada saat dia masih berusia 12 tahun. Saat itu dia menonton sebuah acara tinju amatir “Tomorrow’s Champions” dan berlatih dengan Fred Stoner. Ali pertama kali memulai kariernya sebagai petinju amatir pada saat melawan Ronnie O’Keefe pada 1954. Dan sejak saat itu, kariernya menanjak pesat selama empat tahun lamanya.

Tetapi pada 2016 silam, Muhammad Ali menghembuskan nafas terakhirnya setelah dibawa ke rumah sakit. Saat itu dia mengalami gangguan pernafasan dan legenda tinju terbaik sepanjang masa tersebut pun meninggal pada usia 74 tahun.

Itulah beberapa atlet tinju yang mendunia pada masanya. Kalau kalian, siapa petinju yang menjadi favorit kalian?

You may also like

Leave a comment