Tuesday Apr 30, 2024 22:24
Featured

Deretan Gunung Angker di Indonesia, Berani Naik?

Deretan Gunung Angker di Indonesia, Berani Naik?

MATA LELAKI - Tak sedikit orang yang menjadikan aktivitas naik gunung sebagai hobi. Sayangnya, meski menyebut diri mereka pecinta alam, masih ada saja oknum tak bertanggung jawab yang melakukan hal tak terpuji, seperti membuang sampah di gunung.

Hal ini tentu saja membuat tak nyaman, baik pendaki lain, atau 'penghuni' gunung yang bersangkutan. Dari sinilah, muncul beberapa kali kisah mistis yang ada di beberapa lokasi pendakian, yang kemudian menjadikan lokasi pendakiannya terbilang angker.

Penasaran di mana saja gunung di Indonesia yang terbilang angker dan memiliki kisah mistis? Berikut ini pembahasannya.

1. Gunung Semeru

Deretan Gunung Angker di Indonesia, Berani Naik?
Source: budyku.com

Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa. Puncak gunung ini disebut Puncak Mahameru yang mencapai ketinggian 3676 Mdpl dan menjadi salah gunung yang paling dikeramatkan oleh masyarakat Jawa.

Salah satu kisah misteri yang ada di Gunung Semeru adalah misteri Arcopodo. Arcopodo merupakan pos pendakian terakhir yang ada di Gunung Semeru, dan konon di sini terdapat 2 patung prajurit dari Kerajaan Majapahit. Hanya saja, patung tersebut bisa dibilang ada dan tiada, karena beberapa pendaki mengaku pernah melihat patung tersebut, sementara lainnya tidak pernah melihat patung itu.

2. Gunung Merapi

Deretan Gunung Angker di Indonesia, Berani Naik?Source: unsplash.com

Gunung Merapi adalah gunung berapi di bagian tengah Pulau Jawa, dan merupakan salah satu gunung api teraktif di Indonesia. Selain sering diselimuti awan panas, Gunung Merapi juga banyak diselimuti kisah mistis. Salah satu kisah mistisnya adalah adanya sosok naga jelmaan bernama Hyang Antaboga. Sosok naga ini sering dianggap sebagai dalang utama saat merapi pertama meletus.

3. Gunung Rinjani

Deretan Gunung Angker di Indonesia, Berani Naik?Source: travel.detik.com

Siapa yang bisa menolak keindahan yang ditawarkan gunung Rinjani? Apalagi jika kalian berhasil mendaki ke puncaknya. Gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia ini memiliki ketinggian 3726 Mdpl. Tetapi tidak banyak yang tahu di balik keindahan Gunung Rinjani ini ternyata memiliki fakta dan kisah mistis di dalamnya, seperti aadanya sosok bernama Dewi Anjani, yaitu seorang ratu dari kerajaan gaib. Sosoknya di percaya memiliki paras yang cantik dan bersemayam di gunung Rinjani.

4. Gunung Latimojong

Deretan Gunung Angker di Indonesia, Berani Naik?

Source: anekawisatanusantara.blogspot.com

Di luar kota jawa juga ada gunung yang terkenal sangat angker, yaitu gunung Latimojong yang berada di Sulawesi Selatan. Kabarnya, di balik keindahan gunung ini menyimpan kisah mistis mengenai hantu Poppo yang berbentuk seperti manusia dengan mata merah menyala dan terbang mencari mangsa di malam hari.

5. Gunung Lawu

Deretan Gunung Angker di Indonesia, Berani Naik?Source: Pixabay

Gunung Lawu terletak di antara perbatasan Jawa Tengah (Kota Karanganyar) dan Jawa Timur (Magetan), dan merupakan salah satu gunung yang jadi primadona para pendaki dalam negeri. Namun, di balik keindahan gunung setinggi 3.625 Mdpl itu, tersimpan cerita mistis yang belum banyak diketahui orang, salah satunya yang cukup terkenal adalah adanya pasar setan.

Itulah deretan gunung di Indonesia yang menyimpan kisah mistis di balik keindahannya. Apakah kalian masih berani untuk mendaki gunung-gunung ini?

You may also like

Leave a comment