Wednesday May 29, 2024 12:40
Featured

Sering Bangun Tengah Malam? Lakukan Cara Ini

Sering Bangun Tengah Malam? Lakukan Cara Ini

MATA LELAKI - Bekerja seharian memang melelahkan. Tentunya, untuk bisa menghilangkan rasa lelah itu, yang bisa dilakukan adalah tidur untuk mengembalikan kondisi tubuh agar kembali bugar. Tapi pernahkah kalian tidur lebih awal dan kemudian terbangun tengah malam? Terbangun secara tiba-tiba ini diistilahkan dengan istilah sleep maintenance insomnia.

Apabila kalian mengalami sleep maintenance insomnia, kemungkinan ada berbagai alasan sampai kalian terbangun secara tiba-tiba. Contohnya seperti mendengar suara keributan, atau cahaya yang tiba-tiba menerangi ruangan tidur kalian.

Untuk dapat tidur kembali mungkin bagi beberapa orang dirasa sulit dilakukan, namun ada cara agar kalian dapat tidur kembali. Apa saja? Berikut ini cara-caranya.

1. Hindari Menatap Layar Smartphone Terlalu Lama

Sering Bangun Tengah Malam? Lakukan Cara IniSource: kids.grid.id

Menghabiskan waktu berjam-jam melihat layar smartphone dapat menyebabkan computer vision syndrome. Situasi ini biasanya ditandai dengan gejala mata lelah, mata merah, penglihatan menurun (kabur), mata kering, hingga nyeri kepala.

2. Mendengarkan Musik Relaksasi

Sering Bangun Tengah Malam? Lakukan Cara IniSource: bukandroid.com

Ternyata mendengarkan musik dapat menjadi salah satu cara untuk bisa kembali tidur setelah terbangun di malam hari. Tidak hanya itu, musik relaksasi juga dapat membantu kalian menutup suara yang mengganggu jam tidur kalian.

Berdasarkan riset pada tahun 2018, preferensi musik memiliki fungsi dalam menentukan tipe musik apa yang dapat membantu kalian untuk tidur. Dari situ, kalian bisa mencoba mendengarkan berbagai jenis musik hingga menemukan yang cocok untuk kalian.

3. Meditasi

Sering Bangun Tengah Malam? Lakukan Cara IniSource: riliv.co

Menurut para peneliti, meditasi juga dapat meningkatkan respons relaksasi kalian. Meditasi juga meningkatkan kontrol saraf otonom, yang mengurangi frekuensi terbangun di tengah malam.
Tak hanya itu, melakukan meditasi juga dapat meningkatkan hormon tidur, mengurangi detak jantung, menurunkan tekanan darah, dan mengaktifkan bagian otak yang mengontrol tidur kalian.

4. Hindari Kafein Saat Sore
Sering Bangun Tengah Malam? Lakukan Cara Ini

Source: pixabay.com

Meminum kafein saat sore ternyata dapat menyebabkan masalah tidur di kemudian hari. Minum minuman berkafein hingga enam jam sebelum tidur dapat membuat kalian terbangun di malam hari. Jadi, jika kalian ingin tidur kalian nyenyak tanpa terbangun tengah malam, cobalah meminum secangkir kopi saat pagi hari saja.

Itulah beberapa cara yang bisa kalian lakukan agar kembali tidur nyenyak apabila tiba-tiba terbangun tengah malam. Semoga beberapa cara di atas dapat bermanfaat.

You may also like

Leave a comment