Tuesday Jun 25, 2024 06:36
Featured

Jangan Buang Ampas Kopi, Kenapa?

Jangan Buang Ampas Kopi, Kenapa?

MATA LELAKI - Bagi pecinta kopi, mungkin minuman yang satu ini selalu menemani kalian untuk memulai aktivitas. Selain memiliki manfaat untuk menambah fokus, ternyata ampas dari kopi juga memiliki beberapa manfaat.

Setelah menyeduh, bubuk kopi sering kali dianggap sebagai limbah dan langsung dibuang. Padahal sisa bubuk tersebut bisa diolah dan menjadi manfaat bagi tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat ampas kopi yang perlu kalian tahu.

Jangan Buang Ampas Kopi, Kenapa?Source: pexels.com

1. Eksfoliasi Kulit

Dikutip dari Medical News Today, ampas kopi dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati, membuka pori-pori, membersihkan kulit, dan mengurangi jerawat. Kalian bisa menggunakan ampas kopi dengan menambahkan air, madu, atau minyak kelapa untuk digunakan di seluruh tubuh.

Selain itu ampas kopi juga dipercaya dapat membuat kulit terlihat lebih cerah serta mencegah terjadinya penuaan dini.

2. Pewarna Rambut

Ampas kopi dapat digunakan sebagai pewarna alami. Kopi memiliki warna yang kuat sehingga dapat digunakan sebagai pewarna rambut bahkan kain.

Jangan Buang Ampas Kopi, Kenapa?Source: pexels.com

3. Membantu Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Dikutip dari Healthline, beberapa penelitian telah menemukan bahwa kafein dapat mempercepat pertumbuhan rambut. Kalian bisa melakukan eksfoliasi pada kulit kepala sebelum keramas.

Siapkan segenggam bubuk kopi kemudian pijatkan secara perlaham ke bagian kulit kepala hingga rambut. Tunggu beberapa menit, lalu cuci dan bilaskan rambut seperti biasa. Lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Mengurangi Kantung Mata

Kandungan antioksidan dan kafein yang ada pada kopi dapat membantu mencegah munculnya penuaan dan mengurangi kantung di bawah mata. Kalian bisa menambahkan minyak kelapa pada ampas kopi, lalu oleskan pada bawah kantung dan diamkan selama kurang lebih 10 menit. Lalu bilas, dan lakukan cara ini secara berkala sesuai kebutuhan.

Jangan Buang Ampas Kopi, Kenapa?Source: pexels.com

5. Mengurangi Selulit

Kandungan kafein yang terdapat pada ampas kopi dapat membantu memecah lemak dan meningkatkan aliran darah sehingga mengurangi munculnya selulit. Kalian bisa mencampurkan kopi dengan minyak kelapa, lalu oleskan dan gosok secara perlahan selama 5-10 menit. Ulangi proses ini dua kali seminggu pada area selulit.

Itulah manfaat ampas kopi yang bisa kalian gunakan untuk perawatan alami tubuh. Jadi, kalian perlu pertimbangkan kembali untuk membuang sisa-sisa ampas kopi.

You may also like

Leave a comment